Hidup Sehat Ditengah Budaya Serba Instan

DEPOKPOS – Kesehatan merupakan harta yang sangat berharga dari kehidupan, segala kegiatan cuma bisa dicoba kala keadaan tubuh sehat. Membahas pola makan sehat adalah metode termudah untuk melindungi kebugaran tubuh serta menghindari badan terkena penyakit.

Melindungi konsumsi santapan serta melaksanakan kegiatan raga hanyalah irama buat memiliki badan yang sehat. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak tergerak mengosongkan waktu buat melaksanakannya. Terutama untuk golongan profesional di mana adalah populasi terbanyak di Indonesia yang bersumber dari informasi dari BPS mencari 39,7% di tahun 2017 di mana mengalami keterbatasan waktu dan tempat.

Pola seperti hidup sehat butuh diterapkan sejak dini supaya memberikan dampak positif untuk badan.Pola makan yang baik memiliki peran krusial dalam menjaga kesehatan yang optimal dan mencegah terjadinya penyakit kronis. Makanan yang kita konsumsi sehari-hari sangatlah berperan untuk sumber energi dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh untuk menjalankan fungsi-fungsi nya. Namun, dengan adanya perubahan gaya hidup modern dan ketersediaan makanan yang beragam, pola makan telah mengalami transformasi signifikan dalam beberapa dekade terakhir.

BACA JUGA:  Hanya dengan Berjalan Kaki Dapat Mencegah Diabetes?

Peningkatan konsumsi makanan olahan, tingginya asupan lemak jenuh dan gula tambahan, serta kecenderungan mengabaikan makanan yang kaya serat dan nutrisi telah berkontribusi terhadap metabolisme, kekuatan tulang, dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Banyak hal yang tanpa disadari bahkan jauh dari kerutinan pola hidup sehat. Malas melaksanakan kegiatan raga sebab telah dalam zona aman komsumsi santapan kilat saji karena adanya keterbatasan waktu, sangat banyak bergadang karena pekerjaan. banyak penyakit yang secara tiba-tiba melanda umur yang masih produktif, contoh penyakit semacam kendala pencernaan, kolesterol, diabetes maupun kegemukan. Semuanya diakibatkan oleh pola hidup yang tidak sehat, utamanya dari pola makan yang tidak teratur.

BACA JUGA:  7 Manfaat Mengkonsumsi Buah Naga

Pergantian pola hidup manusia utamanya dengan santapan yang diseleksi berkaitan pula pada pergantian budaya. Santapan yang berasal dari bahan natural semacam hasil pertanian yang meliputi beras, gandum, jagung jauh lebih sehat. Namun seiring berjalannya perkembangan zaman banyak makanan yang diolah melalui pengolahan yang modern dari masa ke masa. Tidak hanya pengolahan yang modern serta tuntutan mobilitas besar santapan siap saji kerap dijadikan opsi utama yang diminati sebab dikira lebih kilat,cepat serta instan

Dengan santapan kilat serta instan akan memudahkan pekerjaan menjadi cepat.Ini akan menjadi kebiasaan dan Dengan kerutinan yang kurang baik ini terbentuk penguncian pola hidup yang kurang sehat ini semakin didukung oleh area yang dekat dimana santapan siap saji disajikan dengan menawarkan tempat yang aman serta elit, dimana dekat dengan para pekerja profesional dan area sosial mereka, sehingga mereka semakin menggemari serta memiliki preferensi santapan siap saji.

BACA JUGA:  Pengaruh Gizi Terhadap Perkembangan Balita

Selain itu, pergantian pola hidup juga mempunyai implikasi yang lain, dimana terbentuk dan tercipta persepsi baru pada warga ialah warga yang konsumtif (masyarakat konsumen). Sikap warga yang konsumtif ini tidak lepas dari pesatnya pertumbuhan teknologi sehingga bermacam produk iklan yang menawarkan dan bermacam tipe kebutuhan sangat mudah ditemui dan didapat, baik lewat media cetak ataupun elektronik. Sehingga,terciptanya pola hidup tidak sehat pada golongan orang profesional.

Tidak hanya itu, keadaan ini diperparah dengan menjamurnya penyedia santapan kilat saji di dekat area kerja di mana penyedia santapan kilat saji tentu diarahkan pada operasional yang instan serta tanpa mencermati tingkat kesehatan pada santapan yang mereka sajikan. (Nathaniel et al., 2018)

alisaakusuma@gmail.com

Pos terkait