Hobi Bernyanyi dapat Meningkatkan Mood

DEPOKPOS – HOBI adalah aktivitas yang disukai dan dilakukan berulang kali untuk mendapatkan kesenangan. Seseorang dapat menghilangkan stress dan kelelahan dengan melakukan hobi mereka. Ketika waktu luang atau senggang tiba, seseorang melakukan pekerjaan.

Masyarakat Indonesia sudah terbiasa dengan istilah hobi . Apapun itu, setiap orang pasti memiliki hobinya sendiri. Hobi dapat berupa apapun, mulai dari hal-hal fisik seperti berolahraga, berkebun, atau berjalan-jalan, hingga hal-hal non-fisik seperti membaca, menulis, membuat kerajinan tangan, mendengarkan musik , menyanyi, dan masih banyak lagi.

Apa keuntungan melakukan aktivitas hobi?

Di antara berbagai manfaat bagi kesehatan fisik dan mental seseorang adalah melakukan kegiatan atau hobi yang dilakukan secara sukarela. Diantara nya sebagai berikut :

1. Mengurangi Stress
Jika seseorang mengalami banyak pikiran atau mencoba menghilangkan stres, melakukan hobi yang disukai akan membantu mereka merasa lebih santai dan lebih baik secara mental.

2. Tingkatkan Kreativitas Anda
Dengan melakukan sesuatu yang disukai, seseorang akan lebih kreatif dan inovatif, karena mereka memiliki kebebasan untuk berekspresi atau mengeksplor apa pun yang mereka inginkan, selama itu bersifat positif.

BACA JUGA:  Memahami Masa Toddler si Kecil

3. Mengurangi  kelelahan dan kebosanan
Hidup dengan hobi yang menyenangkan akan mengurangi kelelahan dan kebosanan, memungkinkan Anda kembali ke aktivitas dengan semangat baru.

4. Meningkatkan keyakinan diri
Kepercayaan diri dan kepuasan diri seseorang dapat meningkat sebagai hasil dari pekerjaan mereka yang berhasil dalam suatu hal tertentu.

Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan untuk menghadapi kesulitan.

5. Memperbaiki kemampuan sosial
Seringnya berinteraksi dengan orang yang memiliki minat yang sama akan memperbaiki kemampuan sosial dan dapat membangun koneksi baru seseorang.

Menyanyi adalah salah satu dari hobi. Tidak sedikit orang yang menyukai bernyanyi, bahkan di Indonesia saat ini ada banyak penyanyi terkenal yang suara mereka tidak dapat disangkal.

Sebenarnya, seseorang yang menikmati menyanyi tidak hanya memiliki bakat tarik suara atau musik. Bernyanyi adalah cara seseorang mengungkapkan pikiran dan perasaan yang tidak menyenangkan. Banyak orang yang memiliki emosi yang terpendam dan tidak tau cara mengelola emosi tersebut. Salah satu cara mengelola emosi itu adalah menyanyi karena dengan menyanyi kita dapat meluapkan emosi yang terpendam.

BACA JUGA:  Rayakan Hari Kesehatan Sedunia, Tropicana Slim Gelar #BeatDiabetes2023 Serentak di 36 Kota di Indonesia

Misalnya, jika kita merasa sedih, kita pasti akan memilih music yang sedih dan menyanyikannya sesuai dengan perasaan kita. Sebaliknya, jika kita senang, kita akan memainkan musik sambil menyanyikan apa yang kita rasakan. Karena itu, ketika kita bernyanyi bersama, suasana hati akan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Bernyanyi bisa dilakukan secara sendiri maupun berkelompok.

Selain itu, ada keyakinan bahwa bernyanyi juga dapat meningkatkan suasana hati. Hobi bernyanyi tidak hanya memiliki efek positif pada tubuh tetapi juga dapat meningkatkan suasana hati.

Bernyanyi memiliki banyak manfaat , diantaranya sebagai berikut :

Menjaga sistem pernafasan
Seseorang memiliki hobi bernyanyi dapat menjaga system pernfasan karena dalam bernyanyi seseorang dapat mengatur pernafasannya dengan baik tidak sampai terengah-engah.

BACA JUGA:  Mengelola Hipertensi untuk Hidup Lebih Sehat

Meredakan stress
Memiliki hobi bernyanyi juga dapat meredakan stress karena ketika kita sedang stress dan kita menyetel music dan ikut bernyanyi. Maka akan meredakan stress dan menaikkan mood kita lagi.

Meningkatkan kepercayaan diri
Ketika seseorang memiliki potensi bernyanyi dan melakukan bernyanyi itu sebagai hobi, maka akan meningkatkan kepercayaan diri, karena jika seseorang melakukan hobi itu dengan terus – menerus akan melatih kepercayaan diri seseorang,

Setelah kita melihat dari uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa bernyanyi memiliki beberapa manfaat contohnya dapat meningkatkan mood seseorang. Bernyanyi salah satu hobi yang diminati banyak orang dari balita sampai orang dewasa. Bernyanyi bukan karena suara seseorang itu bagus, tetapi dengan bernyanyi itu dapat meningkatkan mood seseorang yang tadinya stress dengan pekerjaan, putus cinta atau permasalahan lainnya setelah itu seseorang bernyanyi dengan lagu yang sesuai akan merubah menjadi perasaan yang bahagia.

Riska Fitria
Universitas Pamulang

Pos terkait