HUT RI ke-78, Perkumpulan AQL Bertekad Beri Manfaat untuk Bangsa

JONGGOL–Perkumpulan AQL bertekad memajukan Indonesia melalui tadabbur Al-Qur’an. Bukan hanya ilmu tetapi juga amal, dan terpenting adalah manfaatnya.

Hal itu disampaikan Ketua Perkumpulan AQL KH Bachtiar Nasir bertindak sebagai pembina upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Pesantren AQLIS Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (17/8/2023) kemarin.

“Amanat hari ini kita harus bergerak menuju kemerdekaan, kalau ditinggal tidur (negara ini) diambil penjajah. Kalau kita diamkan, lengah saja, mikirin diri sendiri, kelompok, partai sendiri, negara bisa diambil orang,” kata UBN, sapaan akrab KH Bachtiar Nasir.

BACA JUGA:  Wakil Ketua KPK Alexander Marwata Diperiksa Terkait Kasus Firli Di Bareskrim Polri

“Maka semua harus ikut bergerak mengisi kemerdekaan. Kami dari Perkumpulan AQL bertekad lewat tadabur Qur’an. Ilmu, amal, dan memberikan manfaat,” jelasnya.

UBN menyayangkan, saat ini seolah-olah ada kelompok yang merasa dirinyalah yang berjuang untuk kemerdekaan. Padahal, negeri ini adalah kumpulan kesultanan-kesultanan yang telah memberikan apapun yang mereka miliki untuk Republik Indonesia.

“Kalau (ada yang mengaku) cuma satu orang, satu kelompok (yang berjuang), ini berarti anti Bhineka Tunggal Ika. Kita semua beragam dan ikut merawat Indonesia dan ikut melahirkan Indonesia,” tuturnya.

BACA JUGA:  Kemensos Gelar Rakor Selaraskan Perencanaan Program Pembangunan Daerah 2024

UBN dalam amanat upacara yang singkat mengajak seluruh peserta upacara untuk mempertahankan NKRI. Sebab negara ini telah dimerdekakan dengan susah payah oleh seluruh komponen bangsa.

“Terbayang ketika Indonesia belum merdeka, semua berjuang, melupakan keluarga, semua maju ke medan tempur mempertahankan Tanah Air,” kata UBN.

Pelaksanaan upacara di Pesantren AQLIS Jonggol berlangsung secara khidmat. Usai upacara, ditampilkan pertunjukan teatrikal dari para siswa dan mahasiwa di bawah naungan AQL. Kemudian juga dilakukan berbagai perlombaan hingga sore hari, seperti tarik tambang, lomba makan kerupuk, dan sebagainya.

BACA JUGA:  Kasus BTS BAKTI, Kejagung Telusuri TPPU dan Bos PT ZTE Indonesia Dicekal

Upacara tujuh belasan itu diikuti lebih dari 300 peserta dari 22 unit kerja di lingkungan AQL. Dari level Taman Kanak-Kanak (TK) hingga perguruan tinggi.

Upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di AQL mengusung tema “Tadabur Qur’an Memandu Indonesia Maju.”*

Pos terkait