Ikuti Uji Publik Badan Publik, Pj Bupati Pati Sebut Pentingnya Keterbukaan Informasi Publik

MJ, Jateng – Pejabat Bupati Pati Henggar Budi Anggoro hadiri Presentasi Uji Publik Badan Publik Tahun 2023. Kegiatan Uji Publik ini dilaksanakan pada tanggal 5-6 Desember 2023 di Universitas Semarang (USM) Kota Semarang.

Turut hadir mendampingi Pj Bupati Pati antara lain, Kepala Bappeda Kabupaten Pati Muhtar, Kadis Kominfo Pati Ratri Wijayanto serta Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Ida Istiani.

Diketahui, Uji Keterbukaan Informasi Publik tahun 2023 ini dilaksanakan berdasarkan hasil rapat pleno Komisioner Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah atas hasil penilaian yang meliputi tahap I penilaian website dan media sosial badan publik, tahap II penilaian SAQ (Self Assesment Quisioner) melalui aplikasi E-monev, tahap III kegiatan visitasi dan verifikasi SAQ.

BACA JUGA:  Hujan Deras Disertai Angin Kencang Menerjang Wilayah Kabupaten Kudus Jawa Tengah

Sehingga Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah memutuskan Pemerintah Daerah Kabupaten Pati berhak mengikuti tahapan IV yaitu Presentasi Uji Publik Badan Publik Tahun 2023.

Pj Bupati Henggar Budi Anggoro menyebut, bahwa presentasi uji publik ini merupakan sebuah tanggung jawab pemerintah dalam memberikan semua informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

“Dan tentunya kita berharap dalam uji publik ini kita dapat menyampaikan apa-apa yang sudah kita lakukan di PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) Kabupaten Pati. Karena tentunya informasi ini kita buka secara transparan yang tentunya masyarakat bisa meminta informasi yang saat ini telah dikembangkan PPID Kabupaten Pati,” paparnya.

BACA JUGA:  Penyerahan Bukti Tambahan, Ellen Sulistyo, Bos Kayanna Resto Digugat Wanprestasi

Dalam presentasi, Henggar juga menyebut banyak masyarakat yang mencari ataupun meminta informasi melalui berbagai kanal aduan yang telah disiapkan. Baik melalui aplikasi Lapor Bupati ataupun media sosial yang dibuka secara transparan.

“Sehingga masyarakat bisa mendapatkan informasi atau melaporkan keluhan-keluhan secara mudah. Tetapi tentunya ada informasi-informasi yang dikecualikan kita tidak bisa sampaikan,” tandasnya.

BACA JUGA:  KAPOLRES PEMATANG SIANTAR LAKSANAKAN FORUM GRUP DISCUSSION DI SMA NOMMENSEN

Sejumlah dewan penguji turut berikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Pati atas presentasi yang dipaparkan oleh Pj Bupati. Menurutnya, sejumlah presentasi yang dipaparkan mampu diterima oleh dewan penguji serta perwakilan audiens yang turut hadir.

“Terima kasih, ini luar biasa pak Pj sangat menguasai sekali dan terfokus kepada informasi keterbukaan publik. Apalagi disertai dengan visualisasi berupa video dan data-data,” ungkap Kukuh Sudarmanto, salah satu dewan penguji dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah.

Sumber: Pemkab Pati

Pos terkait