Ini 5 Fitur Smart Home Paling Populer

DEPOKPOS – Smart home adalah rumah yang dilengkapi dengan sejumlah perangkat yang mengotomatiskan tugas-tugas yang biasanya dilakukan oleh manusia. Beberapa dibangun ke dalam struktur itu sendiri dan beberapa ditambahkan kemudian, dan pemilik rumah mengoperasikannya dengan aplikasi, perintah suara, otomatisasi, atau menggunakan kecerdasan buatan.

Mengubah rumah menjadi smart home bisa semudah membeli speaker yang terhubung. Anda bisa juga menggabungkan koneksi beberapa produk berbeda seperti kamera, komputer, tablet, televisi, sistem keamanan, peralatan, dan banyak lagi. Semua gabungan peralatan yang saling terkoneksi dalam rumah ini bisa disebut sebagai smart home system.

Apa saja yang membuat sebuah rumah disebut dengan Smart Home?

1. Smart Home memungkinkan pemilik rumah untuk mengontrol peralatan, termostat, lampu, dan perangkat lain dari jarak jauh menggunakan smartphone atau tablet melalui koneksi internet.
2. Smart Home dapat diatur melalui sistem nirkabel atau terprogram.
3. Teknologi Smart Home memberi pemilik rumah kenyamanan dan penghematan biaya.
4. Smart Home dapat menampilkan sistem nirkabel atau terprogram maupun keduanya. Sistem nirkabel lebih mudah dipasang. Memasang sistem otomatisasi rumah nirkabel dengan fitur-fitur seperti pencahayaan cerdas, pengontrol suhu, dan keamanan.

BACA JUGA:  Startup Teknologi Otomotif Broom Raih Pendanaan Pra-Seri A Senilai Rp 155 Miliar

Melansir dari Seattletimes.com, berikut adalah 5 fitur Smart Home yang paling sering digunakan:

1. Jaringan rumah tingkat lanjut

Jaringan rumah canggih bertindak sebagai sistem saraf pusat Smart Home yang mengintegrasikan berbagai komponen sistem otomatis sehingga mereka bisa bekerja secara bersamaan.

BACA JUGA:  XL Axiata - ICON+ Kolaborasi untuk Adopsi Teknologi Baru dan Digitalisasi

2. Akses jarak jauh.

Tergantung pada penyesuaian yang Anda pilih, akses jarak jauh dapat memungkinkan Anda untuk check-in di rumah Anda melalui pengawasan video, dan kemudahan lainnya. Fitur satu ini dapat memberi Anda ketenangan karena ANda memiliki kontrol penuh saat bepergian.

3. Keamanan tingkat lanjut.

Sistem pengawasan smart home dapat mengirim pemberitahuan cerdas yang membedakan antara tamu yang disambut dan orang asing. Tak hanya itu, sistem keamanan rumah yang canggih, sepenuhnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan keamanan spesifik Anda.

BACA JUGA:  AJAK TAMU MEMBATIK, ASTON SIDOARJO BERIKAN PENGALAMAN UNIK DI PERINGATAN HARI BATIK NASIONAL

4. Kontrol pencahayaan, perawatan jendela otomatis.

Melalui pemrograman yang cerdik, sistem pencahayaan dapat diatur ke jadwal yang sepenuhnya otomatis yang akan mati, redup, atau menyala kapanpun Anda mau. Beberapa sistem bahkan dapat mendeteksi apakah Anda jauh dari rumah dan mematikan lampu untuk memaksimalkan penghematan energi.

Perawatan jendela otomatis berfungsi serupa, mengendalikan pencahayaan luar ruangan dari jarak jauh.

5. Audio yang terdistribusi.

Sistem audio terdistribusi audio mengirimkan audio ke banyak speaker, bukan hanya beberapa. Mengutip dari Gofrontrow.com, contohnya adalah mendistribusikan audio di lorong sekolah, halaman supermarket, musik latar klub kesehatan, dan lainnya. []

Pos terkait