Ini 5 Manfaat Berjemur di Pagi Hari

Selain mengurangi depresi dan meningkatkan kualitas tidur, berjemur di pagi hari juga diyakini dapat mencegah gangguan pada tulang.

DEPOKPOS – Sebagai bagian dari hidup sehat, berjemur di pagi hari diketahui dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan. Sebab, berjemur di pagi dapat membantu produksi vitamin D secara alami pada tubuh.

Vitamin D sendiri kaya akan antioksidan yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Paparan sinar matahari pagi yang tepat akan tergantung pada usia, riwayat kesehatan, jenis kulit, kualitas udara hingga tempat tinggal.

Meski begitu, durasi berjemur yang diyakini dapat memberikan manfaat secara optimal adalah selama 5-15 menit.

Selain itu, pastikan untuk mengenakan kacamata hitam dan mengoleskan tabir surya sebelum berjemur.

BACA JUGA:  Ketahui 4 Cara Agar Tak Dehidrasi Saat Puasa

Jika dilakukan dengan benar, berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari berjemur di pagi hari yang diyakini dapat diperoleh, antara lain:

Mengurangi Resiko Depresi

Sinar matahari dikabarkan dapat memicu otak untuk melepaskan hormon serotonin.

Nah, hormon serotonin sendiri bermanfaat dalam meningkatkan mood dan meningkatkan perasaan tenang.

Bahkan, seseorang yang tidak mengalami depresi pun kemungkinan besar juga akan merasakan perubahan suasana hati jika dirinya berjemur di pagi hari.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Perubahan pola tidur yang signifikan rentan terjadi pada setiap orang seiring bertambahnya usia.

Padahal, tidur yang cukup dan nyenyak bermanfaat dalam memperbaiki kerusakan sel-sel tubuh sekaligus menjaga daya tahan.

BACA JUGA:  Ini Beberapa Makanan Pembangkit Mood saat Patah Hati

Dalam hal ini, sinar matahari berperan penting dalam menjaga pola tidur tetap teratur.

Sebab, paparan sinar matahari dari berjemur di pagi hari dapat membantu mengatur ritme sirkadian pada tubuh. Kondisi tersebut dapat membantu tubuh untuk mengantuk ketika matahari mulai terbenam.

Membantu Mencegah Gangguan pada Tulang

Selain mengurangi depresi dan meningkatkan kualitas tidur, berjemur di pagi hari juga diyakini dapat mencegah gangguan pada tulang.

Pasalnya, salah satu manfaat paparan sinar matahari pagi adalah membantu produksi vitamin D pada tubuh secara alami.

Nah, vitamin D sendiri berperan penting dalam proses penyerapan kalsium pada tubuh. Hal ini tentu dapat meningkatkan kekuatan tulang sehingga dapat membantu mencegah osteoporosis dan radang sendi.

BACA JUGA:  Quarter Life Crisis, Ketika Ekspektasi tidak Seindah Realita

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Asupan vitamin D yang terpenuhi dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga dapat membantu menurunkan risiko berbagai penyakit.

Misalnya seperti penyakit jantung, sklerosis otot, flu, hingga penyakit autoimun atau jenis kanker tertentu. Inilah alasan mengapa selama pandemi COVID-19 setiap orang dianjurkan untuk berjemur di pagi hari

Berpotensi Menurunkan Resiko Kelahiran Prematur

Berjemur di pagi hari disebut-sebut dapat menurunkan risiko terjadinya persalinan prematur dan infeksi yang berhubungan dengan kehamilan.

Hal ini berdasarkan asupan vitamin D yang diperoleh tubuh pasca berjemur. Namun, hal ini masih menjadi perdebatan, sehingga penelitian lebih lanjut masih diperlukan terkait manfaat berjemur yang satu ini.

Muhammad Yahya

Pos terkait