Inspeksi Mendadak Ke RTP Mako Polres Simalungun, Ini pesan Kapolres

MJ, Simalungun – Untuk memastikan kondisi keamanan kesiap siagaan Ruang Tahanan Polres (RTP) Polres Simalungun,

Kapolres Simalungun AKBP Choky Sentosa Meliala, S.I.K., S.H., M.H., lakukan inspeksi mendadak, Selasa [30 / 01 / 2024], Kapolres menegaskan, sidak mendadak ini untuk pemantauan terhadap kondisi di RTP secara menyeluruh.

Tidak sebatas kondisi fisik ruangan dan para penghuni saja, tetapi juga memantau langsung aspek pelaksana’an teknis keamanan, penerangan, perlengkapan serta pendukung lainnya.

Segenap personel Polres Simalungun mampu melakukan pengecekan dengan berkala melaporkannya dengan sistematis untuk mengantisipasi kemungkinan masalah gangguan,”tegas AKBP Choky.

BACA JUGA:  Blue Light Patroli Polres Simalungun Wujudkan Rasa Aman Berlalulintas Di Jalan Raya

Pengecekan mencakup ke beberapa area penting, di antaranya ruang piket RTP mako Polres Simalungun, perlengkapan dan dokumentasi piket, buku piket racun api, serta kondisi aktual penghuni ruangan.

Dari hasil sidak menunjukkan situasi RTP selalu keadaan aman terkendali,
seluruh personel yang bertugas dalam kondisi lengkap dan siap melaksanakan tugas selama 24 jam penuh,”lanjut Choky.

Dalam arahannya, Choky menekankan pentingnya penerapan Presisi Polri, dengan mengawasi ruangan secara ketat hingga memastikan keamanan yang terkendali.

Choky juga mengingatkan personel, tetap melakukan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap tamu yang menjenguk ke RTP, dengan cara humanis, memastikan barang bawaan tamu selalu terhindar dari barang berbahaya.

BACA JUGA:  Viral Banjir Dukuh Kupang di Medsos, Walikota Eri Temukan Rumah Warga Tutupi Saluran

Selain itu, Kapolres menegaskan lagi, perlu pemeriksaan rutin terhadap ruang tahanan untuk menghindari kemungkinan adanya sabotase upaya pelarian tahanan.

Seluruh aktivitas harus tercatat dengan rapi dalam buku mutasi piket jaga, tetap dilaporkan ke perwira pengawas.

Pesan khusus juga disampaikan kepada penghuni RTP, selalu mengikuti aturan yang berlaku menjauhi tindakan premanisme bentuk pemerasan terhadap sesama tahanan.

BACA JUGA:  Bhabinkamtibmas Polsek Menggala Paparkan Dampak Bullying di Sekolah dan Cara Mencegahnya

Kapolres pesankan, jika ada pungutan liar atau pemerasan, hal tersebut segera dilaporkan melalui keluarga saat jam besuk atau menghubungi nomor kontak yang tersedia.

Kegiatan sidak ini menunjukkan suatu komitmen Polri Polres Simalungun mengupayakan standar keamanan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat,
pentingnya menjaga ketertiban di setiap fasilitas kepolisian

Sidak ini berlangsung di RTP mako Polres Simalungun Jln.Jhon Horailam Saragih, Kec. Pematang Raya Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatra Utara.

Saat sidak, turut didampingi personel Polres Simalungun pelaksana piket siaga RTP.

Sumber: humas polres simalungun

Pos terkait