Instagram sebagai Media Pemasaran yang Aktif

DEPOK POS – Seiring berkembangnya zaman, tidak dipungkiri teknologi informasipun ikut terus berkembang yang pada akhirnya akan memudahkan segala aktivitas manusia, seperti mencari informasi terkini di Indonesia dan dunia. Ada banyak media sosial seperti yang kita kenal sekarang. Menurut hasil riset oleh ‘We Are Social’ diantaranya banyak jenis media social yang digunakan oleh orang Indonesia khususnya seperti Youtube, Facebook, Instagram, dan Twitter.

Berdasarkan informasi yang dimuat oleh Wartakota, Indonesia merupakan negara yang masyarakatnya paling besar menggunakan Instagram dibandingkan negara Asia Pasifik lainnya. Dengan jumlah pengguna aktifnya hingga mencapai 45 juta orang dari total pengguna global yang berjumlah 700 juta orang. Pesatnya perkembangan teknologi informasi dapat mempengaruhi hampir setiap bidang kehidupan, baik di dunia maya maupun di dunia nyata.

BACA JUGA:  Manfaat Emosional Memelihara Kucing

Munculnya media baru atau Internet dianggap sebagai kebutuhan utama dalam bisnis modern untuk tujuan melakukan promosi pemasaran. Proses pemasaran saat ini tidak lepas dari pemanfaatan dan eksploitasi teknologi, khususnya media sosial. Media sosial banyak digunakan oleh para pelaku bisnis saat ini, seperti layanan microblogging, layanan Instagram, dan jejaring sosial internet yang dapat berkembang pesat.

Mempertimbangkan hal tersebut, banyak pihak akhirnya memilih untuk melakukan perdagangan atau jasa, terutama melalui media sosial Instagram. Akun instagram semakin banyak digunakan tidak hanya sebagai sarana transmisi informasi pribadi, tetapi juga sebagai alat utama untuk akun pemasaran, periklanan, dan bisnis.

BACA JUGA:  Grogi Saat Public Speaking? Lakukan Ini agar Tetap Pede

Dampak yang ditimbulkan dengan adanya perkembangan teknologi ini pun dapat menyebabkan semakin mudah dan meluasnya perdagangan sehingga menjadi bebas dan tidak terbatas karena dari manapun dan kapanpun dapat saling terhubung dengan adanya kemajuan teknologi. Bahkan dalam dunia bisnis strategi pemasaran sangat diperlukan oleh suatu perusahaan yang tentunya memiliki tujuan agar produk atau jasa yang akan ditawarkan dapat bersaing dengan competitor lain.

Menurut Bulaeng A.R strategi komunikasi pemasaran adalah sebagai Langkah awal untuk mengenalkan produk kepada konsumen yang sangat penting, karena berkaitan dengan keuntungan yang akan diperoleh penjual. Sementara Djaslim Saladin berkata, komunikasi pemasaran adalah suatu kegiatan yang berusaha untuk menyebarkan informasi, yang dapat mempengaruhi, membujuk dan mengingatkan bahwa target pasar atas produk lain dan perusahannya supaya bersedia menerima, membeli loyal terhadap produk yang ditawarkan oleh perusahaan yang bersangkutan.

BACA JUGA:  Perbedaan Produksi Konvensional dan Syariah

Oleh karena itu, kemungkinan untuk melakukan tindakan pemasaran dan periklanan sangat besar. Informasi yang ingin disebarkan tidak harus dalam bentuk tulisan, bahkan foto dan video pun dapat dengan mudah dibagikan kepada konsumen. Sehingga dengan memilih Instagram sebagai media iklan aktif karena nyaman dan memiliki keunggulan jual hanya dengan mengunggah foto atau video produk ke akun Instagram dan konsumen akan melihat foto lalu tertarik untuk membeli.

Regina Aprilia
Mahasiswi Universitas Pamulang Prodi Akuntansi S1

Pos terkait