Jaga Kualitas Udara di Depok, Ini yang Dilakukan DLHK

Jaga Kualitas Udara di Depok, Ini yang Dilakukan DLHK

DEPOK POS – Dalam upaya menjaga kualitas udara agar tetap terjaga baik, Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok mengambil sejumlah langkah. Salah satunya dengan aksi penanaman pohon di pinggir jalan raya.

“Emisi gas buang dan tingginya pertumbuhan kendaraan di perkotaan menjadi faktor utama penyebab polusi udara. Untuk itu kami melakukan upaya-upaya demi menjaga kualitas udara, salah satunya dengan penanaman pohon di pinggir jalan raya,” kata Kepala DLHK Kota Depok Ety Suryahati, di ruang kerjanya, Rabu (05/10/22).

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:  Tradisi Ngubek Empang Warga Betawi Depok Menyambut Lebaran

Lebih lanjut ia menegaskan, musim peralihan dari panas ke hujan menjadi salah satu penyebab kualitas udara berstatus sedang hingga baik. Dengan adanya hujan, lanjutnya, partikulat dan partikel lainnya yang mengapung di udara menjadi tersapu dan turun.

BACA JUGA:  Hati-hati Pengendara! 125 CCTV Baru Terpasang di Depok

“Ini jadi salah satu faktor kualitas udara terbilang baik. Kami juga melakukan beberapa upaya lainnya seperti kegiatan uji emisi rutin, imbauan penggunaan angkutan massal, imbauan penggunaan bahan bakar dengan kualitas baik dan lain-lain,” terangnya.

BACA JUGA:  Polda Metro Jaya Ungkap Motif Pelaku Penjualan Video Porno Anak di Bawah Umur

Ety menyebut, kualitas udara dipengaruhi oleh empat hal. Yaitu arah angin, kelembaban, suhu dan cuaca.

“Upaya-upaya ini tidak bisa hanya dilakukan dengan DLHK. Butuh peran aktif masyarakat untuk menciptakan kualitas udara yang baik dan layak. Diharapkan masyarakat sadar dan ikut menjaga lingkungan,” ucapnya.

“Contohnya dengan menanam pohon dipekarangan, menangani sampah dengan baik dan benar, dan lain-lain,” tutupnya. []

Pos terkait