Jangan Sembarang, Ketahui Cara Perawatan Luka yang Benar

DEPOKPOS – Semua orang pasti pernah mengalami luka baik luka kecil ataupun luka besar, perawatan luka yang baik dan benar harus dilakukan agar tidak menimbulkan infeksi yang serius.

Luka pasti akan menimbulkan rasa sakit, namun tingkat keparahannya berbeda-beda tergantung dari lokasi, jenis dan tingkat keparahan luka tersebut. Luka minor dapat diobati dengan melakukan perawatan luka mandiri di rumah.

Berikut hal-hal yang harus dilakukan untuk melakukan perawatan luka minor secara mandiri:

1. Bersihkan luka dengan membilasnya di bawah air mengalir atau menggunakan lap steril.

2. Tepuk-tepuk luka hingga kering menggunakan kapas dan tutupi dengan kasa steril. Jika Anda tidak memilikinya, gunakan kain yang bersih dan tidak berbulu, seperti handuk teh.

BACA JUGA:  MKI Babeh Haikal Salurkan Donasi Korban Gempa Cianjur Melalui Jurnalis Filantropi Indonesia

3. Untuk luka, angkat dan dukung bagian yang cedera di atas ketinggian jantung. Hindari menyentuh luka tersebut.

4. Bersihkan sekitar luka dengan sabun dan air. Pastikan Anda menyeka luka, menggunakan kapas bersih untuk setiap sapuan. Keringkan. Lepaskan kain atau kain kasa yang menutupi luka dan balut dengan plester besar.

5. Cari bantuan medis jika:

· Luka tidak berhenti mengeluarkan darah

· Jika ada benda asing tertancap di luka – seperti serpihan kayu atau kaca

· Luka dari gigitan hewan yang menyebabkan infeksi

BACA JUGA:  Kapan Waktu Terbaik Olahraga untuk Bakar Lemak?

Selain itu, penting untuk menghindari menggaruk atau menyentuh luka secara berlebihan. Hal ini dapat menyebabkan infeksi atau bahkan memperparah luka. Jika Anda merasa sakit atau gatal di sekitar luka, gunakan obat pereda nyeri atau krim antibiotik yang diresepkan oleh dokter untuk membantu meredakan gejala.

Perawatan luka juga melibatkan menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat. Konsumsi makanan yang kaya nutrisi seperti protein, vitamin C, dan zinc untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Hindari merokok dan minum alkohol karena ini dapat mengganggu proses penyembuhan luka.

Dalam kasus luka yang lebih serius, seperti luka yang sulit sembuh atau terinfeksi, dapat memerlukan bantuan medis tambahan seperti antibiotik, pengobatan topikal atau bahkan operasi. Penting untuk segera mencari bantuan medis jika luka terlihat merah, bengkak atau keluar nanah.

BACA JUGA:  Strategi Meningkatkan Kualitas Tidur untuk Kesehatan Optimal

Dalam kesimpulannya, perawatan luka yang baik dan benar sangat penting untuk mencegah infeksi dan mempercepat proses penyembuhan. Selalu pastikan untuk membersihkan luka dengan sabun dan air mengalir, menghindari menyentuh atau menggaruk luka secara berlebihan, dan menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat. Jangan ragu untuk mencari bantuan medis jika luka terlihat parah atau sulit sembuh.

Bunga Aprisila Angelia Putri
Universitas Binawan, Prodi S-1 Keperawatan

Pos terkait