Jejak Timnas di Piala Asia U-20, Pernah jadi Juara!

Jejak Timnas di Piala Asia U-20, Pernah jadi Juara!

DEPOK POS – Piala Asia U-20 sendiri sejatinya bukan hal yang baru bagi Indonesia. Termasuk perhelatan tahun depan, Tim Garuda Nusantara tercatat sudah 19 kali melangkah ke putaran final.

Piala Asia U-20 telah bergulir sejak 1959. Sebelumnya, kejuaraan ini sempat bernama Piala Asia Junior dan Piala Asia U-19.

Dari belasan kesempatan tersebut, Timnas Indonesia bahkan pernah merebut gelar juara pada 1961.

BACA JUGA:  Jadwal Siaran Langsung Liga Inggris Hari Ini, Sabtu 11 Maret

Pada Piala Asia Junior 1961 di Thailand, Timnas Indonesia tergabung di Grup A.

Mereka tergabung bersama Jepang, Korea Selatan, Singapura dan Vietnam Selatan (sebelum bersatu dengan Vietnam Utara dan membentuk satu negara, Vietnam).

Indonesia langsung tancap gas dengan membungkam Vietnam Selatan dengan skor 2-0 pada laga perdana. Tapi, Korea Selatan memberikan perlawanan sengit pada laga kedua yang berakhir imbang 2-2.

BACA JUGA:  Ronaldo Cetak Gol ke-700 Sekaligus yang Pertama di EPL Musim Ini

Meski begitu, Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Jepang dengan skor 2-1 pada laga selanjutnya dan bermain imbang 1-1 dengan Singapura dalam partai pamungkas.

Dalam turnamen saat itu tak mengenal laga semifinal. Jawara masing-masing grup langsung bertemu pada partai puncak, sedangkan runner-up grup memperebutkan status peringkat ketiga terbaik.

Indonesia menghadapi Burma (kini bernama Myanmar) dalam laga final. Burma berhasil menjadi jawara Grup B setelah mengalahkan Republik China (kini bernama Taiwan), Ceylon (kini bernama Sri Lanka), Thailand, serta ditahan Malaya (kini bernama Malaysia).

BACA JUGA:  Nama Messi Kembali Menggema di Camp Nou

Akan tetapi, setelah melalui pertarungan 90 menit yang ketat, skor imbang tanpa gol tak berubah. Raja Thailand pada saat itu Bhumibol Adulyadej akhirnya memutuskan keduanya menjadi juara bersama.[]

Pos terkait