Jelang Pemilu 14 Februari 2024, Polres Demak Gelar Apel Kesiapan Pengamanan TPS

Jelang Pemilu 14 Februari 2024, Polres Demak Gelar Apel Kesiapan Pengamanan TPS

MJ, Demak – Polres Demak, Jawa Tengah, menggelar apel kesiapan pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam rangka Operasi Mantab Brata Candi Tahun 2023-2024. Acara tersebut berlangsung di Lapangan Mapolres Demak pada Jumat (09/2/2024). Sebanyak 902 personel Polres Demak dipersiapkan untuk mengawal pesta demokrasi di Kabupaten Demak.

Kapolres Demak, AKBP Muhammad Purbaya, selaku pimpinan apel, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi kesiapsiagaan personel dan perlengkapan pendukung dalam menghadapi tahapan Pemilu 2024, khususnya pemungutan dan penghitungan suara di wilayah Kabupaten Demak.

Operasi Mantap Brata 2023/2024, yang sedang berlangsung, mencakup seluruh tahapan pemilu, mulai dari pendaftaran, kampanye, hingga pemungutan suara dan pengucapan sumpah janji Presiden dan Wakil Presiden yang akan datang.

BACA JUGA:  Sidak Harga Sembako di Pasar Segiri Samarinda: Kapolresta Ancam Tindakan Tegas Terhadap Penimbun

Purbaya menjelaskan bahwa kondisi geografis Kabupaten Demak, terutama daerah hilir yang terpengaruh oleh perubahan iklim cuaca, seperti banjir yang terjadi baru-baru ini, mempengaruhi pola pengamanan dan kebutuhan di lapangan. Untuk mengatasi hal ini, Polres Demak menerapkan pola ‘2.16.32’ dalam mengamankan TPS saat Pemilu 2024.

BACA JUGA:  Bupati Deli Serdang Memimpin Upaya Penurunan Angka Stunting di Wilayahnya

Dalam simulasi pengamanan TPS, 550 personel akan bertugas di TPS, dengan melibatkan bantuan dari KPU dan Satpol PP. Mereka akan didorong ke Polsek jajaran untuk membantu melakukan pengamanan di Kelurahan maupun Desa.

Simulasi tersebut juga mengikutsertakan skenario hambatan dan gangguan dari pemilih, sehingga anggota yang terlibat dapat menjaga keamanan dan mengetahui tugas masing-masing. Diharapkan, dengan apel gelar pasukan dan simulasi pengamanan TPS, tahapan pemungutan suara dapat berjalan aman, tertib, lancar, dan kondusif.

BACA JUGA:  Bupati Bengkalis Ibu Kasmarni, S.Sos., M.MP., Melepas Bantuan untuk Korban Bencana Alam di Sumatera Barat

Purbaya menegaskan kesiapan Polres Demak dalam melaksanakan pengamanan Pemilu 2024, dengan harapan semua tahapan pemungutan suara dapat dilaksanakan sesuai aturan, meskipun terdapat gangguan Kamtibmas dari pihak yang tidak berwenang.

Pos terkait