Jeruk Nipis sebagai Obat Batuk

Jeruk Nipis sebagai Obat Batuk

DEPOK POS – Secara umum, batuk merupakan reaksi alami tubuh yang berfungsi melindungi saluran napas dari iritasi. Namun, jika batuk terjadi terus menerus, sangat mengganggu.

Salah satu obat alami yang dapat menyembuhkan batuk adalah jeruk nipis.

Jeruk nipis mengandung vitamin C, Tingginya kandungan vitamin C dalam jeruk nipis bermanfaat untuk membantu proses pemulihan tubuh dari infeksi virus dan bakteri. Oleh karena itu, jeruk nipis dianggap mampu untuk mengobati batuk atau masalah tenggorokan lainnya.

BACA JUGA:  Memahami Penyakit Malaria dan Penyebabnya

Jeruk nipis mengandung zat antimikroba efektif yang membantu pemulihan dari radang. Buah ini juga kaya akan asam folat yang sangat penting untuk regenerasi sel. Selain itu, jeruk nipis banyak mengandung flavonoid dan potasium.

Cara mengolah jeruk nipis menjadi obat batuk

Silakan lakukan hal berikut di rumah.

yang pertama, Anda bisa menggunakan satu atau lebih jeruk nipis untuk bumbu. Selanjutnya, peras jeruk nipis yang sudah jadi ke dalam gelas. Tambahkan air jeruk nipis yang dibuat dengan air panas.

BACA JUGA:  Hepatitis B dapat Menular dari Ibu ke Anak? Yuk, Kenali Pencegahannya

Setelah itu, Anda bisa langsung meminumnya hingga habis. Sebagai alternatif, Anda bisa menambahkan perasan jeruk nipis dan air panas yang terbuat dari beberapa bahan lainnya.

Bahan lain yang bisa Anda tambahkan antara lain teh atau madu murni. Setelah tercampur, minumlah selagi masih hangat. Untuk keuntungan maksimal. Anda harus meminumnya secara teratur sehari sekali sampai batuk berlanjut.

Namun jika batuk tidak kunjung sembuh setelah menggunakan jeruk ini. Anda perlu minum obat lain untuk mengobati batuk. Karena kebanyakan pengobatan alami hanya membantu meringankan gejala yang muncul. Pengobatan alami tidak segera menghilangkan penyebabnya. Oleh karena itu, jika batuk Anda belum reda setelah menggunakan produk jeruk nipis. Segera temui dokter Anda untuk pemeriksaan kesehatan. Begitu banyak ulasan batuk kapur

BACA JUGA:  Indonesia Darurat Sampah Makanan? Ketahui Dampak dan Cara Pencegahannya!

Luvita sari
Mahasiswa prodi farmasi fakultas ilmu Kesehatan dan teknologi Universitas Binawan

Pos terkait