Kadin Depok Fasilitasi UMKM Urus Sertifikat Halal Gratis

DEPOKPOS – Kamar Dagang Industri (Kadin) Kota Depok bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama dan PT Kayama Amanah Sejati akan memfasilitasi perusahaan makanan, minuman, obat-obatan, dan kosmetik mengurus sertifikat halal.

“Melalui kegiatan sosialisasi ini diharapkan perusahaan-perusahaan memiliki sertifikasi halal untuk produk yang dihasilkan,” kata Ketua Kadin Kota Depok Miftah Sunandar di sela-sela acara Jaminan Produk Halal dan Prosedur Pengurusan Sertifikasi Halal di Depok, Selasa.

BACA JUGA:  BPS Sebut 43 Persen Rumah di Depok Tak Penuhi Syarat Ketahanan Bangunan

Miftah mengatakan pada tahun 2024 nanti  semua  pelaku usaha wajib  untuk punya sertifikasi halal. Jika belum,  terkena sanksi mulai dari  teguran pertama  administratif, kedua denda dan ketiga izin usahanya bisa dicabut.

“Dengan produk miliki sertifikasi halal maka tentunya membuat konsumen terutama kaum muslim tidak perlu ragu lagi mengonsumsi baik produk makanan maupun  minuman,” tegas Miftah.

BACA JUGA:  Kebakaran di Gandaria, Sudin Gulkarmat Jaksel Turunkan 21 Unit Armada

Untuk itu dengan sosialisasi kegiatan ini maka para pelaku usaha bisa mendaftar ke Kadin Depok untuk mengurus proses sertifikasi halal secara gratis bagi UMKM.

Selain sosialisasi,  Kadin juga akan memberikan pelatihan bagi penyelia halal dan auditor halal.

“Kami ingin pastikan makanan dan minuman yang dikonsumsi merupakan produk yang halal. Sebagai kota religius, Depok tentunya mengutamakan kehalalan produknya,” katanya.

BACA JUGA:  Atasi Banjir di Seskoal Cipulir, Pemkot Jaksel Siapkan Saluran

Sertifikasi halal kini sudah menjadi keharusan yang diatur dalam pasal 3 UU Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal.

Miftah menjelaskan untuk proses pembuatan sertifikasi halal tergantung produknya paling cepat tujuh hari paling lama 14 hari. []

Pos terkait