Kakorlantas Hadiri Rapat Tingkat Menteri ( RTM ) Persiapan Natal dan Tahun Baru 2024

MJ, Jakarta – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Brigjen Pol Aan Suhanan menghadiri Rapat Tingkat Menteri (RTM) Persiapan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Gedung Kemenko PMK, Gambir, Jakarta.(11/12/’23)

Menko PMK Muhadjir Effendy menuturkan, puncak arus mudik Nataru diprediksi terjadi pada 22-23 Desember 2023, sedangkan puncak arus balik terjadi pada 26-27 Desember 2024.

“Kita ketahui bahwa prediksi puncak arus mudik Natal pada 22-23 tahun 2023 sementara puncak arus balik 26-27,” tuturnya.

Lebih lanjut, Muhadjir mengatakan puncak arus mudik libur tahun baru 2024 diprediksi terjadi pada 29-30 Desember 2023. Sementara arus balik mudik tahun baru 2024 diprediksi 1-2 Januari 2024.

BACA JUGA:  Gelar Silahturahmi Kebangsaan, Mayjen TNI (Purn) Tatang Zaenudin: Kedepankan Harmonisasi Bangsa

“Kemudian prediksi arus mudik 29-30 sementara arus balik 2024 tanggal 1-2 Januari,” ujarnya.

Selain itu, Kakorlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan mengungkapkan kesiapan pihaknya dalam menghadapi Operasi Lilin 2023 terbagi dalam tiga cluster.

“Yang pertama untuk jalur tol mulai Sumatera sampai dengan Probolinggo itu kita antisipasi. Ada beberapa titik yang menjadi perhatian kita, yang pertama ada rest area ini juga kita atur, traffic flownya di sana sehingga tidak menghambat arus lalu lintas yang ada di belakangnya,” kata Kakorlantas Polri.

BACA JUGA:  Sambut HUT Humas Polri, Polresta Sidoarjo Gelar Doa Bersama

Kedua, Kakorlantas mengungkapkan bahwa pihaknya telah mengantisipasi jalur arteri dan jalur wisata dalam penerapan rekayasa lalu lintas mulai dari penerapan one way hingga contraflow.

“Ini juga sudah kita antisipasi dan lakukan rapat koordinasi untuk melakukan beberapa rekayasa lalu lintas apabila terjadi kemacetan di jalur wisata. Itu kita akan mengambil langkah-langkah pengalihan arus ataupun one way, contraflow ini sudah kita persiapkan,” ujar dia.

Ketiga, Kakorlantas menyampaikan, jalur-jalur penyeberangan laut menjadi fokus pihaknya. Menurutnya, ia telah menyiapkan konsep sedemikian rupa guna mengatur agar tidak terjadi penumpukan di pelabuhan.

BACA JUGA:  Penangkapan Pelaku Selundupkan Sabu 3,8 Kg di Bandara Kualanamu

“Ini juga jadi konsen kita baik di (Pelabuhan) Merak, Ketapang, Gilimanuk, maupun penyeberangan yang lain. Kita sudah menyiapkan operasi di sana. Sehingga supply kendaraan ke pelabuhan ini kita atur sehingga tidak terjadi kepadatan di sana, atau terjadi stuck supaya dapat keluar dari dermaga,” pungkasnya.

Turut hadir antara lain, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Kabasarnas Marsekal Madya TNI Kusworo, Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi serta stakeholder lainnya.

Pos terkait