Kami. Unjuk Gigi di New York Fashion Week 2024

DEPOKPOS – 14 tahun telah berdiri di Indonesia, Kami. sebagai pioneer brand modest fashion Indonesia menunjukkan keseriusannya untuk semakin maju ke pasar internasional dengan tampil di New York Fashion Week 2024. Kami. yang lahir pada 2009 ini didirikan oleh Istafiana Candarini, Nadya Karina, dan Afina Candarini.

Awalnya, ketiga perempuan hebat ini memulai bisnis dengan menciptakan koleksi kecil seperti kalung dan selendang. Namun setelah 14 tahun berkiprah di dunia fesyen, produk Kami. berkembang menjadi koleksi baju dan celana siap pakai yang diminati pasar lokal maupun global.

“Sebagai tanda kesuksesan setelah 14 tahun berdiri, Kami. menunjukkan diri pada pagelaran New York Fashion Week 2024. Bagi Kami. ini menjadi pencapaian baru untuk memasuki pasar mode international.

Pada acara spesial ini, Kami. telah menyiapkan koleksi bernama Charaka yang terinspirasi dari kekayaan lokal, Kain Tapis Lampung. Garisnya yang bersih dan rapi membentuk siluet dengan pendekatan modern. Kemudian ditambah pada asalnya, Kain Tapis disakralkan karena berhubungan dengan kehidupan, baik lingkungan maupun Sang Pencipta Alam Semesta.

Karenanya, pola Charaka terinspirasi dari kehidupan sekitar. Dari segi motif Charaka Collection ini pun menyerupai anak tangga yang menggambarkan 14 tahun perjalanan Kami. yang perlahan berkembang hingga bisa sampai ke titik ini,” ungkap Istafiana Candarini atau akrab dipanggil Irin, pada saat NYFW Video Showing, di CGV Pacific Place, Sabtu (18/02).

BACA JUGA:  Produk Fesyen Lokal Tembus Pasar Internasional

Charaka Collection ini sendiri merupakan koleksi dengan kombinasi dari ciri khas Kami. dipadupadankan dengan New Yorkers Style yang Edgy. “Sesuai dengan tema Autumn/Winter Collection, Kami. fokus membuat styling yang banyak layer sehingga kesan chic dan modest masih bisa didapatkan dari Charaka Collection ini. Kami. juga menggunakan berbagai bahan pilihan, seperti knit, corduroy, quilted, woven, velvet, denim, tweed, dan organza,” tambah Irin.

Irin juga menjelaskan 14 tahun perjalanan bukanlah suatu hal yang mudah bagi Kami. Dengan perkembangan bisnis dunia modest fashion yang sangat pesat serta positif setiap tahun, Kami. menjadi salah satu brand modest yang diminati pecinta fesyen tanah air dan luar negeri.

Sebelum New York Fashion Week, Kami. telah membuktikan eksistensinya yang luar biasa pada market lokal dan global dengan mengikuti fashion show ternama seperti Jakarta Fashion Week, Indonesian Fashion Week, hingga kancah internasional yaitu Fashion Kode 2018 di Seoul.

Acara Kami. NYFW Video Showing ini tidak hanya dihadiri oleh awak media, namun juga KOL (Key Opinion Leaders) dan para #KamiPeople. “Melalui video showing ini, Kami. ingin memperlihatkan bagaimana perjalanan yang membawa nilai dan kekayaan lokal budaya Indonesia untuk tampil di runway session di Spring Studios Gallery New York. Saat itu Kami. menampilkan 10 looks Charaka Collections kepada para tamu undangan,” imbuh Irin.

BACA JUGA:  Rempah-Rempah Indonesia Masih jadi Incaran Dunia

Sebelum menutup sesi wawancara, Irin juga menambahkan bahwa Kami. mampu terus melangkah dan menaiki tangga hingga saat ini adalah karena semangat kebersamaan dengan #KamiPeople. Ia berharap semoga dengan pencapaian Kami. di NYFW ini dapat memicu semangat brand modest fashion lokal lainnya untuk saling berkolaborasi serta bersama-sama memajukan industri modest fashion Indonesia untuk bersaing menjadi trendsetter dunia global.

Untuk mendukung kesuksesan pagelaran busana tersebut, tambah Irin, pihaknya juga bekerja sama dengan Tokopedia, HGL modest, Kementerian Perdagangan, Daliatex, Traveloka, Jago Syariah, Lemonilo, Bamed, Java Mifi, TAM ILLI, dan Torenda.

External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz mengungkapkan, “Alasan yang mendasari Tokopedia mendukung pegiat usaha lokal di industri fesyen muslim seperti Kami. adalah karena Kami. merupakan sosok yang dapat menginspirasi lokal brand lainnya untuk dapat memulai dan membangun bisnis melalui kanal digital untuk bisa merajai tidak hanya di negeri sendiri dan namun juga bisa setara dengan brand kelas dunia.

Kami selama 14 tahun yang akhirnya pada tahun ini bisa tampil di pagelaran berskala internasional, New York Fashion Week, dengan tetap membawa nilai lokal melalui Charaka Collection ini merupakan hal yang bisa membangkitkan semangat para pelaku industri fashion untuk terus maju. Scarf Charaka Collection yang dipamerkan di NYFW 2023 ini pun sudah tersedia secara eksklusif di Tokopedia.”

BACA JUGA:  Perkuat Tata Kelola Perusahaan, GoTo Umumkan Jajaran Kepemimpinan Baru

Annisa Hudaya sebagai Founder HGL House juga turut menjelaskan alasan HGL House mendukung Kami. di acara berskala internasional seperti New York Fashion Week adalah karena kesamaan nilai di antara HGL Modest dengan Kami.

“HGL Modest berupaya menjadi jembatan yang menghubungkan simpul positif untuk menjadi pribadi yang lebih baik melalui penampilan yang santun dan modis, serta meningkatkan kualitas hidup, sehingga dapat menyebarkan inspirasi terhadap orang terdekat. Kita melihat kesamaan nilai ini dengan Kami. sebagai salah satu pioneer brand modest fashion di Indonesia yang sudah hadir 14 tahun lamanya, dimana kehadirannya dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat Indonesia untuk berpenampilan santun, modis dan tetap elegan.

Terlebih lagi di tahun ini, dengan bangga HGL bisa bantu support Kami untuk tampil di New York Fashion Week dengan Charaka Collection. Semoga langkah nyata ini dapat semakin membangkitkan semangat dan menginspirasi para pelaku industri modest fashion untuk semakin maju bersaing di pasar nasional hingga global,” tutup Anissa. []

Pos terkait