Kapolres Pematangsiantar Menjadi Narasumber FGD dan Deklarasi Pemilu Damai oleh Kelompok Cipayung Kota Pematangsiantar

Kapolres Pematangsiantar Menjadi Narasumber FGD dan Deklarasi Pemilu Damai oleh Kelompok Cipayung Kota Pematangsiantar

MJ, Pematangsiantar – Kapolres Pematangsiantar, AKBP YOGEN HEROES BARUNO, S.H, S.I.K, memberi kesaksian dalam Focus Group Discussion (FGD) dan Deklarasi Pemilu Damai 2024 yang diselenggarakan oleh Kelompok Cipayung Kota Pematangsiantar. Acara berlangsung di Lapangan Pariwisata Kota Pematangsiantar mulai pukul 15.00 WIB.
Rabu 07 Februari 2024

Dalam deklarasi tersebut, para mahasiswa menegaskan komitmen mereka untuk menjaga keutuhan Negara dan Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Mereka juga siap mengawal dan menjaga pemilu 2024 agar berjalan damai, demokratis, dan edukatif.

BACA JUGA:  Jajaran Kodim 0426 Siaga Amankan Arus Mudik di Hari Lebaran

Selain itu, mereka menyerukan kepada masyarakat Kota Pematangsiantar untuk tidak menyebarkan ujaran kebencian, hoax berbasis SARA, intoleransi, dan radikalisme agama.

Kapolres Pematangsiantar, AKBP YOGEN HEROES BARUNO, S.H, S.I.K, menyampaikan terima kasih atas dukungan Kelompok Cipayung Pematangsiantar dalam mendukung pemilu damai 2024. Beliau menekankan pentingnya proses pemilu yang bebas, jujur, adil, dan berintegritas untuk menjaga kondisi Kota Pematangsiantar dan keutuhan NKRI.

BACA JUGA:  Polres Metro Jakarta Utara Buru Abdul Aziz, Tersangka Penggelapan dalam Jabatan

Menyikapi sistem pengamanan pemilu hingga akhir pemungutan suara, Kepolisian bertanggung jawab atas situasi keamanan. Meskipun Kota Siantar masih relatif aman, Polres Pematangsiantar tetap mengantisipasi potensi gejolak dengan melaksanakan patroli dialogis dan berbagai upaya lainnya.

Kapolres menegaskan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam proses demokrasi dengan mencegah golput. Mahasiswa diminta untuk menjadi agen perubahan dan memerangi hoax serta menjaga hak demokrasi.

Acara ditutup dengan penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai 2024. Selain Kapolres Pematangsiantar, turut hadir PS. Kasat Intelkam IPTU ELGA ELITE RAGA SATRIA S.Tr.K., Ketua KPU Pematangsiantar M.ISMAN HUTABARAT, Ketua Bawaslu Pematangsiantar NANANG WAHYUDI HARAHAP, S.Sos., Ketua HMI Pematangsiantar-Simalungun MUHAMMAD SYAFII, Ketua PMKRI Pematangsiantar MARULI TUA SIHOMBING, Ketua GMKI Pematangsiantar-Simalungun THEO NAIBAHO, Ketua GMNI Pematangsiantar RONALD J PANJAITAN, serta perwakilan mahasiswa dari Universitas Efarina Kota Pematangsiantar dan Universitas Simalungun.

BACA JUGA:  Polres Tulang Bawang Barat Melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Krakatau

Humas Polres Pematangsiantar

Pos terkait