Kasus Bunuh Diri Anak SD di Jepang Meningkat

Oleh : Anisa Salsabila, Aktivis Dakwah

Kasus bunuh diri di kalangan murid sekolah Jepang dilaporkan meningkat tinggi pada 2022. Tercatat ada 514 murid SD, SMP, dan SMA yang bunuh diri sepanjang tahun lalu di Jepang.

Kondisi pandemi COVID-19 diduga sebagai salah satu penyebabnya. Tahun lalu, Jepang baru meloloskan aturan yang melarang penghinaan online setelah kasus cyberbullying meningkat saat pandemi, hingga memicu bunuh diri.

Berdasarkan laporan Kyodo, Rabu (15/3/2023), rincian korban bunuh dirinya adalah 17 murid SD, 143 murid SMP, dan 354 murid SMA. Pihak pemerintah mengaku sedang menganalisis situasi, termasuk dampak COVID-19. Angka bunuh diri murid pada 2022 naik dari angka tertinggi sebelumnya, yakni 499 kasus bunuh diri anak sekolah pada 2020.

Pada 2022, The Japan Times melaporkan bahwa cyberbullying di Jepang meningkat saat pandemi COVID-19. Online bullying yang dilakukan ramai-ramai oleh akun anonim menjadi pekerjaan rumah bagi pihak berwenang. Pemerintah Jepang lantas membuat UU anti-penghinaan online. Pelaku bisa dipenjara hingga satu tahun, namun belum tentu semua orang mau melapor karena prosesnya bisa rumit.

BACA JUGA:  Tingginya Penyakit Sifilis, Buah Sistem Kapitalis Sekuler

Berikut ini beberapa saran yang bisa dilakukan jika menjadi target cyberbullying, terutama bagi remaja:

a. Lepas medsos: Jangan mengindahkan perilaku para bullies. Kurangi dulu pemakaian komputer atau ponsel, dan lakukan sesuatu untuk mendistraksi diri dari bullying.
b. Jangan membalas: Tak perlu meladeni para pelaku cyberbullying. Hal itu bisa memperparah keadaan.
c. Simpan bukti: Jika menjadi korban cyberbullying, simpan dulu barang buktinya untuk berjaga-jaga apabila pelaku melakukan hal yang lebih parah, sehingga kamu perlu melapor ke pihak berwenang.
d. Laporkan: Media sosial memiliki fitur melaporkan untuk melawan tindakan negatif. Hal itu juga bisa dilakukan.
e. Blokir: Jangan ragu untuk memblokir pelaku cyberbullying agar tidak bisa menghubungi anda lagi.
f. Terapi: Terkadang, bantuan profesional juga diperlukan untuk meredakan dampak dari cyberbullying.

Menurut laporan Kyodo, total bunuh diri di Jepang mencapai 21.881 pada 2022. Sebanyak 14.786 adalah laki-laki. Korban bunuh diri mayortas adalah orang-orang dewasa berusia 50 tahun. Kasus bunuh diri bukan hal yang asing bagi masyarakat. Berbagai hal bisa jadi penyebab diambilnya keputusan tersebut. Islam tentunya punya pandangan sendiri terkait bunuh diri.

BACA JUGA:  Hubungan Bilateral Jepang dan China: Bagaimanakah Security Dilemma Kedua Negara

Lalu bagaimana pandangan Islam tentang bunuh diri?

Bunuh diri sebagai hilangnya nyawa seseorang yang disengaja dengan alat. Allah SWT dalam Al Quran surat Al Mulk menjelaskan, hidup mati adalah kuasa-Nya,

الَّذِي خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا ۚ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْغَفُورُ

Artinya: “Yang menciptakan mati dan hidup, untuk menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa, Maha Pengampun.”

Islam melarang penghilangan nyawa baik melalui pembunuhan terhadap orang lain, maupun diri sendiri, hukum bunuh diri adalah haram.

Dalil tentang bunuh diri tercantum dalam surat An Nisa ayat 29,

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا تَأْكُلُوٓا۟ أَمْوَٰلَكُم بَيْنَكُم بِٱلْبَٰطِلِ إِلَّآ أَن تَكُونَ تِجَٰرَةً عَن تَرَاضٍ مِّنكُمْ ۚ وَلَا تَقْتُلُوٓا۟ أَنفُسَكُمْ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيمًا

BACA JUGA:  Debat Cawapres, Substantifkah?

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu.”

Ayat lain tentang bunuh diri terdapat dalam Al Baqarah ayat 195,

وَأَنفِقُوا۟ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ وَلَا تُلْقُوا۟ بِأَيْدِيكُمْ إِلَى ٱلتَّهْلُكَةِ ۛ وَأَحْسِنُوٓا۟ ۛ إِنَّ ٱللَّهَ يُحِبُّ ٱلْمُحْسِنِينَ

Artinya: “Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.”

Bunuh diri merupakan tindakan yang dilarang keras Allah SWT. Nyawa hanya bisa dipisahkan dari tubuh atas izin-Nya. Dengan memahami pandangan Islam tentang bunuh diri, semoga kita semua bisa mengambil hikmah di dalamnya. Bahwa semata-mata larangan Allah ini merupakan bentuk kasih sayang-Nya kepada hamba-Nya.
Wallahualam bi shawab

Pos terkait