Kegiatan Mahasiswa KKN-DIK PGSD UHAMKA di Desa Kondang Jaya

DEPOKPOS – Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk kegiatan pengabdian oleh mahasiswa kepada masyarakat dengan cara memberikan pengalaman belajar bersama masyarakat, mengidentifikasi potensi dan mengatasi permasalahan, sehingga diharapkan dapat mengembangkan potensi masyarakat dan mencari solusi permasalahan dimasyarakat pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia.

Menyelenggarakan kegiatan KKN terutama dalam bidang pendidikan berangkat dari kepentingan-kepentingan untuk tetap menjaga tali silaturahim antar sesama umat muslim.

Hal ini sejalan dengan esensi al-qur’an dalam surat An-nisa ayat 36 yang menjelaskan tentang betapa pentingnya menjalin dan menjaga silaturahmi. Pada ayat ini, perintah silaturahmi berdampingan dengan perintah untuk bersujud kepada Allah SWT. Hal tersebut semakin menegaskan bahwa menjaga hubungan silaturahmi sangatlah penting untuk umat muslim.

Kegiatan KKN- DIK PGSD UHAMKA yang di laksanakan oleh kelompok 3 terhitung sejak tanggal 12 – 25 februari 2023. Adapun anggotanya terdiri dari 10 orang diantaranya Arifah Setianingsih, Feby Fadia, Fatma Fauziah, Huriyah Aprida, Hanifah Choirunnisa, Nisa Azkiya, Nurul Istiqomah, Renia Setiani, Rehan Dwi Apriansyah dan Rere Diyan Permata. Adapun Dosen Pembimbing Lapangan ( DPL ) kelompok 3 yaitu Bapak Dr. Aslam M,Pd.

BACA JUGA:  Lokakarya Pestarama#9, Olah Vokal Sebagai Pelatihan Keaktoran dalam Teater

Pada kegiatan KKN-DIK ini mahasiswa menjalankan program kerja yang telah di rancang sebelumnya bersama dengan Dosen Pembimbing Lapangan.

Adapun program kerja pada kelompok 3 ini terbagi menjadi 2 yaitu Program kerja di sekolah dan program kerja di masyarakat.

Foto bersama ketua pimpinan cabang muhammadiyah dengan Bpk. Subandi.

Adapun program kerja di sekolah di antaranya yaitu kami menghidupkan kembali suasana perpustakaan yang sebelumnya tidak terpakai dengan cara mengecat ulang kembali atau makeover library kemudian membuat pojok baca di perpustakaan dengan memberikan buku-buku baru, mengadakan lomba antar kelas yang terdiri dari lomba menyanyi lagu nasional ( indonesia jaya ), pildacil, MHQ, Mewarnai, Puisi dan lomba Kebersihan kelas.

BACA JUGA:  Mahasiswa UI Raih Medali Emas dan Perunggu di Kejurnas Balap Sepatu Roda

Kemudian tidak lupa juga kami memberikan ilmu-ilmu yang bermanfaat melalui visit class. Adapun program kerja di masyarakatnya kami mengadakan senam bersama dengan ibu-ibu dan membimbing anak ngaji di TPQ serta melakukan kegiatan jalan pagi bersama anak-anak masyarakat sekitar.

Untuk menumbuhkan rasa semangat siswa dalam membaca, sangat dibutuhkan suasana yang nyaman dan menyenangkan. Maka dari itu, kelompok kami mengubah perpustakaan sekolah tersebut menjadi perpustakaan yang nyaman, berwarna, menarik untuk dipandang, serta suasana yang menyenangkan.

Hal ini sangat penting untuk para siswa agar mereka mau pergi ke perpustakaan dan tidak merasa bosan saat berada di perpustakaan.

BACA JUGA:  Pakar UGM Jelaskan Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Selain itu juga, kelompok kami mengadakan beberapa macam lomba di sekolah tersebut seperti lomba membaca puisi, lomba menyanyi, lomba MHQ, lomba pildacil dan lomba kebersihan kelas.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan semangat siswa serta menumbuhkan rasa percaya diri siswa saat tampil di depan banyak orang, selain itu juga dapat membuat siswa menadi lebih memperhatikan akan kebersihan lingkungan belajarnya.

Lomba kebersihan kelas juga sangat bermanfaat bagi para siswa agar saat proses belajar mengajar mereka merasa nyaman karena kelas yang yang digunakan bersih.

Selain di bidang pendidikan, kegiatan sosialisasi di masyarakat juga telah kami laksanakan. Kegiatan ini dilakukan untuk menambah tali silaturahmi dan agar lebih mengenal masyarakat sekitar.

Pos terkait