Kelurahan Duser Bangun Budidaya Maggot

DEPOKPOS – Kelurahan Duren Seribu (Duser), Kecamatan Bojongsari membuat kandang maggot di RW 04 yang menjadi lokasi (P2WKSS). Upaya tersebut dilakukan guna mendukung Kampung Program Iklim (Proklim) besutan Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup (DLHK) Kota Depok.

Lurah Duser, Kiki Mutakin mengatakan, budidaya maggot merupakan kegiatan peternakan serangga yang mampu memberikan banyak manfaat. Baik bagi perekonomian, lingkungan maupun sosial dalam upaya pemberdayaan wanita.

BACA JUGA:  Hipakad Tangsel Menggelar Seminar Kebangsaan untuk Meningkatkan Semangat Bela Negara dan Nasionalisme Generasi Muda

Menurutnya, maggot memiliki potensi besar dalam berbagai bidang yang bisa dimanfaatkan dalam berbagai cara, sehingga bisa berkontribusi pada perekonomian keluarga.

“Pertama, budidaya maggot bisa menghasilkan pupuk organik. Sisa makanan rumah tangga yang dikonsumsi maggot bisa menjadi pupuk organik yang berkualitas tinggi,” ujarnya dilansir situs resmi Pemkot Depok, Kamis (06/07/23).

BACA JUGA:  PCM Bojongsari Selenggarakan Seminar Parenting Jelang Muscab Ke-1

Kedua, maggot bisa dijadikan sebagai pakan ternak karena memiliki kandungan protein yang tinggi. Karena itu, cocok sebagai pakan unggas, ikan, dan hewan peliharaan lainnya.

“Budidaya maggot juga memberikan dampak untuk lingkungan. Sebab, hewan ini dapat mencerna limbah organik dengan cepat, sehingga membantu mengurangi limbah makanan yang dikirim ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA),” ujarnya.

BACA JUGA:  Dugaan Mafia Tanah di Aset Milik Kementerian Kominfo di Depok

Nantinya, budidaya maggot ini akan dilakukan oleh para wanita yang ada di lokasi ini agar dapat mendukung program P2WKSS yang sedang berlangsung.

“Semoga budidaya ini bisa menjadi inovasi yang efektif demi membawa perubahan yang baik bagi lingkungan maupun masyarakat,” tutupnya.

Pos terkait