“Kementerian Sosial Bantu Kakek Ikhsan (59) dari Nganjuk dengan Operasi Melepas Platina Melalui Sentra Terpadu Kartini Temanggung”

“Kementerian Sosial Bantu Kakek Ikhsan (59) dari Nganjuk dengan Operasi Melepas Platina Melalui Sentra Terpadu Kartini Temanggung”

MJ, JAKARTA – Kementerian Sosial melalui Sentra Terpadu Kartini Temanggung memberikan respons cepat terhadap kondisi Kakek Ikhsan (59), seorang warga Desa Semare, Kecamatan Berbek, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur yang mengalami kesulitan ekonomi untuk operasi melepas platina.

Sejak mengalami struk ringan yang mengakibatkan dirinya tidak bisa berjalan dengan sempurna, Kakek Ikhsan sudah tidak bisa beraktivitas dengan leluasa. Ia pun bekerja serabutan, tidak menentu karena hanya bisa bekerja jika ada tetangga yang membutuhkan bantuannya.

Kecelakaan yang menimpa Kakek Ikhsan 7 tahun lalu pun semakin memperparah keadaan karena kaki kirinya harus dipasang pen. Kemudian, kaki kirinya mengalami luka menganga sehingga perlu penanganan intensif.

BACA JUGA:  Pertemuan Alumni Universitas Arab Saudi Diikuti 700 Peserta dari 13 Negara

Mengetahui hal tersebut, Menteri Sosial Tri Rismaharini mengarahkan tim Sentra Terpadu Kartini Temanggung untuk merespons cepat. Sentra berkoordinasi dengan dinas sosial, pemerintahan desa, serta RSD Kabupaten Nganjuk dalam memberikan bantuan dan pendampingan untuk kakek Ikhsan.

Kemensos mendampingi Kakek Ikhsan melakukan pemeriksaan kesehatan di RSD Nganjuk, Senin (15/1). Kakek Ikhsan sempat dirawat inap selama seminggu untuk observasi kondisinya.

Hasil pemeriksaan menunjukkan kondisi kesehatan Kakek Ikhsan sudah membaik. Tidak lama berselang, Kakek Ikhsan pun menjalani operasi lepas platina dan operasi berjalan lancar. Kakek Ikhsan merasa sangat bersyukur sudah dibantu Kementerian Sosial.

BACA JUGA:  Anggota Kompolnas Ajak Masyarakat Berantas Radikalisme

“Tanggal 31 Januari sudah kontrol kembali, lukanya sudah mengering dan kondisinya sudah makin baik,” kata Sujaka Trimartono, Penyuluh Sosial Ahli Madya Sentra Terpadu Kartini Temanggung, Kamis (1/2/2024).

Selain pendampingan pemulihan kesehatannya, Kemensos juga memberikan bantuan kursi roda untuk memudahkan Kakek Ikhsan beraktivitas. Selain itu, Kemensos juga menyerahkan bantuan pemenuhan hidup layak, seperti pakaian, perlengkapan tidur, dan memberikan nutrisi melalui katering yang dekat dari rumah Kakek Ikhsan setiap harinya.

BACA JUGA:  Kemenperin Siapkan Penghargaan Penggunaan Produk Dalam Negeri

Pemerintah Desa juga akan mendukung pembuatan kamar mandi dan WC di dalam rumah Kakek Ikhsan, hingga plester lantai dan jalan masuk rumah menggunakan semen. Lalu Dinas Sosial Kabupaten Nganjuk juga akan melakukan pengecatan tembok dalam rumah Kakek Ikhsan.

Kemensos bersama tim puskesmas akan terus memonitor dan melakukan pendampingan terhadap kesehatan Kakek Ikhsan. Dinas Sosial Nganjuk juga akan mengusulkan Kakek Ikhsan agar mendapat bantuan permakanan disabilitas

Pos terkait