Keuntungan Menuntut Ilmu di Lingkungan Pesantren

DEPOKPOS – Pendidikan merupakan salah satu yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan. Dengan pendidikan kita dapat dipandang dengan terhormat. Namun, di zaman sekarang banyak orang orang yang berpendidikan tinggi namun minim akan adab yang ada pada dirinya. Banyak sekali dalil dalil yang mengkaji tentang adab salah satunya sabda nabi Muhammas SAW yang berbunyi :

إنَّ أثقَلَ ما وُضِع في ميزانِ المؤمِنِ يومَ القيامةِ خُلُقٌ حسَنٌ وإنَّ اللهَ يُبغِضُ الفاحشَ البذيءَ

Artinya :
“Sesungguhnya perkara yang lebih berat di timbangan amal bagi seorang Mu’min adalah akhlak yang baik. Dan Allah tidak menyukai orang yang berbicara keji dan kotor” (HR. At Tirmidzi no. 2002, ia berkata: “hasan shahih”).

Dari hadist diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa adab lebih dipentingan dari pada ilmu. Maka dari itu, untuk mendapatkan ilmu dan sekaligus akhlak dan adab yang baik seperti yang dicontohkan Rasulullah maka kita harus pandai dan cermat dalam memilih tempat dalam menuntut pendidikan.

Pesantrem merupakan salah satu tempat yang paling nyaman dalam menuntut ilmu. Banyak hal hal positif yang kita dapatkan ketika kita menuntut ilmu didalam lingkum pesantren. Apalagi dalam urusan ibadah, pesantren merupakan wadah yang sangat tepat dalam membiasakan diri kita untuk giat beribadah.

BACA JUGA:  Konsep Ju’alah pada Kehidupan Seorang Muslim

Salah satunya dalam kegiatan sholat jamaah, banyak remaja zaman sekarang yang meninggalkan sholat hanya karena pergi bermain atau nongkrong dengan teman lainnya.

Ketika kamu memasuki ranah pesantren maka sholat sholat yang biasanya kamu tinggalkan akan terlaksanakan dengan tepat waktu. Bukan hanya dalam lingkup ibadah dalam pesantren kamu juga akan diajarkan kedisiplinan salah satunya disiplin waktu.

Kamu harus melakukan semua hal sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh pesantren yang kamu pilih sebagai tempat menuntut ilmu. Mulai dari kamu bangun hingga terlelap kembali, semua sudah di atur sedemikian rupa.

Manfaat lain yang kamu dapatkan ketika kamu menuntut ilmu di pesantren ialah kamu dapat menguasai bahasa asing diantaranya adalah bahasa inggris dan bahasa arab. Santri santri yang lebih tua akan memberikan kosa kata yang dipakai setiap harinya.

BACA JUGA:  Muslimah dan Fesyen

Seperti kata pepatah kamu dapat menguasai dunia dengan bahasa, dalam pesantren kamu dapat mengasah kemampuan berbahasamu hingga kamu lihai dalam berbahasa. Ketika kamu memasuki ranah pesantren kamu akan dipaksa dalam segala hal walaupun kamu tidak ahli dalam bidang tersebut.

Namun kita harus mengetahui semua kegiatan yang kita lakukan akan terbiasa ketika kita awalnya memaksakan hal hal yang belum pernah kita lakukan.

Dalam pesantren juga menekan bahwa adab lebih dipentingkan dari pada ilmu, kamu akan diajarkan berbagai hal dalam tata cara beradab. Mulai dari adab orang kecil kepada orang dewasa, adab dalam berpakaian, adab masuk dalam kamar mandi, adab dalam belajar.

Semua hal, hingga hal hal kecil yang tidak pernah terpikirkan olehmu akan diajarkan dalam ranah pesantren. Kemudian, dalam pesantren kamu juga akan banyak diajarkan tentang hal hal agama islam. Seperti tentang Allah, Rasul, hadist, kitab, dan semua hal tentang islam.

BACA JUGA:  Maksiat Mengundang Bencana

Kita juga dibiasakan untuk menghafal kita suci alquran agar diberi pencerahan dalam mengerjakan berbagai hal.

Kemudian selain ibadah, bahasa, kedisiplinan, pelajaran agama disisi lainnya pesatren juga mengajarkan kamu tentang berorganisasi dengan baik dan benar. Agar kamu tidak bosan dalam melakukan kegiatan kegiatan yang diberikan pesantren juga menyediakan berbagai hal menarik seperti pentas seni yang dimana kamu dapat menyalurkan bakat bakat yang kamu miliki. Misalnya, seperti menari, menyanyi, nasyid dan lain sebagainya.

Sudah banyak yang kita lihat orang orang yang sukses setelah lulus dari berbagai pesantren yang ada di Indonesia. Dengan banyaknya anak anak yang melanjutkan jenjang pendidikannya di pesantren maka akan banyak pula tumbuh anak anak penghafal alquran dan anak anak yang berilmu yang diiringi dengan akhlak kharimah seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Dari artikel ini kamu sudah yakin bukan bahwa melanjutkan pendidikan dalam pesantren bukanlah hal yang buruk?

Nisrina Nur Abidah

Pos terkait