Komitmen Pengusaha Perempuan UMKM Sajikan Frozen Food Homemade Tanpa MSG

DEPOKPOS – Tidak pernah terbayangkan di benak Romi Sulaningsih bahwa usaha frozen food miliknya yang didirikan sejak tahun 2017 mampu bertahan hingga kini. Frozen Food Mama Mahdiya, yang berlokasi di Depok, Sawangan merupakan ide bisnis yang berawal dari sekedar hobi membuat camilan di rumah untuk keluarga. Ternyata kini, ia telah memiliki pelanggan setia sampai pernah mendapat pesanan sebanyak 400 buah dalam satu hari produksi. Demi mempertahankan kualitas produknya, Frozen Food Mama Mahdiya menggunakan garam himalaya yang baik untuk kesehatan, serta tidak menggunakan MSG dan bahan pengawet. Buah konsistensinya dalam berbisnis membuatnya mampu menghasilkan pendapatan dan membantu perekonomian rumah tangga. Bahkan, Romi pernah mencapai omzet 5 juta rupiah pada masa pandemi.

BACA JUGA:  Digelar Maret, Muslim LifeFair 2023 Bidik Pasar Kebutuhan Ramadhan

Salah satu produk unggulan dari Frozen Food Mama Mahdiya adalah pisang goreng kepok. Varian ini jarang ditemui di usaha frozen food lainnya. Layaknya pisang goreng rumahan, pisang goreng frozen ini berbahan dasar pisang kepok pilihan dengan perpaduan pisang yang diselimuti dengan tepung renyah yang siap digoreng. Pemilihan pisang kepok juga berdasarkan tekstur dan tingkat kematangan pisang. Selain praktis dan anti-sepet pisang goreng frozen akan membuat pisang goreng lebih awet.

Usaha yang dibangun Romi ini terinspirasi dari berbagai merek makanan beku serupa yang telah banyak masuk ke supermarket. Baginya, frozen food bisa menjadi penyelamat para ibu yang terkadang terhimpit waktu di dalam menyiapkan makanan ataupun kudapan bagi anak-anak dan keluarganya. Romi sendiri memproduksi frozen food dengan brand Mama Mahdiya yang menyediakan beberapa produk, seperti risol smoked beef, pastel, pisang goreng kepok, kebab, sosis solo, bakso, dan tahu bakso pedas. Produk Mama Mahdiya juga dapat bertahan lama selama 4 bulan apabila disimpan di lemari pendingin.

BACA JUGA:  Produk Kayu dan Kertas Indonesia Diminati Inggris

Awal mulanya, Romi menjadikan kebiasaan menyiapkan bekal bagi anaknya sebagai inspirasi usahanya. Berbagai inovasi, bahan, dan produk selalu diuji untuk mendapatkan rasa yang enak di lidah. Bahkan, Romi seringkali memberikan tester bagi sesama orang tua siswa di sekolah anaknya. Usahanya tersebut tidak sia-sia karena pada akhirnya banyak pesanan datang dari orang tua murid. Romi pun menyebutkan, “Frozen food menjadi penyelamat di kala para ibu sedang tidak sempat masak, semua dimudahkan dan mereka tenang karena tahu variasi produk sehat dan menggunakan bahan bermutu.”

BACA JUGA:  Padmamitra Award 2022 Umumkan Pemenang dari 11 Kategori

Romi sendiri berkeyakinan bahwa “Usaha yang dijalankan secara konsisten, perlahan pasti berbuah kesuksesan.” Dari keyakinan tersebut, Romi semakin yakin dan mantab untuk melangkah membesarkan usahanya. Menjadi sebuah pembuktian untuk Romi, Frozen Food Mama Mahdiya bisa menjadi salah satu andalan masyarakat ketika mereka menginginkan olahan masakan yang simple namun tetap sehat dan bergizi. Saat ini, Frozen Food Mama Mahdiya berupaya konsisten untuk memperkenalkan produknya ke pasaran dengan rutin menggunggah informasi di laman instagramnya @mahdiyafrozenfood.

Pos terkait