Kompolnas Memberikan Apresiasi kepada Polda Sumut atas Penggunaan Identifikasi Wajah dalam Event F1 Powerboat

MJ, Medan – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) memberikan apresiasi kepada Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara atas penggunaan teknologi identifikasi wajah dalam kejuaraan F1 Powerboat di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, yang berlangsung pada tanggal 2-3 Maret 2024.

Menurut Komisioner Kompolnas, Yusuf Warsyim, penggunaan teknologi ini merupakan langkah positif dari Polda Sumatera Utara untuk meningkatkan keamanan dalam pagelaran event F1 Powerboat.

BACA JUGA:  Jokowi Resmikan Makassar New Port

“Penggunaan teknologi identifikasi wajah oleh Polda Sumatera Utara diharapkan dapat memastikan keamanan seluruh pengunjung,” ujar Yusuf Warsyim di Balige, Kabupaten Toba, Sumut, pada Jumat (1/3).

Yusuf menyatakan bahwa sistem pengamanan yang menggunakan teknologi identifikasi wajah diharapkan mampu mendeteksi potensi ancaman seperti tindakan terorisme atau keberadaan orang yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

BACA JUGA:  Pemerintah Indonesia Salurkan Bantuan 10 Juta Vaksin Polio untuk Afghanistan

“Alat ini sangat membantu personel kepolisian dalam mengidentifikasi hal-hal mencurigakan melalui teknologi face recognition yang baru kami temukan,” tambahnya.

Lebih lanjut, Yusuf menekankan pentingnya perawatan dan penyempurnaan teknologi tersebut oleh Polda Sumut melalui analisis dan evaluasi. “Kami melihat pelaksanaan event tahun ini jauh lebih baik dari tahun sebelumnya, persiapan jelang perlombaan berjalan aman dan kondusif,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Bupati Sidoarjo Tegaskan Program Beasiswa Pendidikan Harus Transparan

Yusuf juga menyatakan keyakinannya bahwa pengamanan event internasional F1 Powerboat di wilayah kerja Polda Sumut dapat mendorong Polres Toba untuk mengelola pengamanan event-event bergengsi di masa mendatang.

Dengan adanya inovasi teknologi ini, diharapkan event-event internasional di Indonesia dapat diselenggarakan dengan lebih aman dan terjamin keamanannya.

Pos terkait