Komunitas Petani Milenial Pati Dukung H. Saiful Arifin untuk Pilkada 2024

MJ. Pati, Jateng – Komunitas Petani Milenial Pati secara resmi menyatakan dukungan mereka kepada H. Saiful Arifin, yang akrab disapa Mas Safin, untuk maju sebagai calon bupati dalam Pilkada 2024.

Pernyataan ini disampaikan oleh Andik Aristiawan, koordinator Petani Milenial Pati, pada hari Minggu (9/6/2024).

Andik menjelaskan bahwa Komunitas Petani Milenial Pati memiliki beberapa alasan kuat untuk mendukung H. Saiful Arifin. Salah satu alasan utamanya adalah program bantuan bibit gratis yang berkualitas pada buah-buah andalan lokal yang difasilitasi oleh beliau.

“Pertama, yaitu adanya program bantuan bibit gratis yang berkualitas pada buah-buah andalan lokal pada komunitas yang difasilitasi beliau,” kata Andik.

BACA JUGA:  Gunakan Median Jalan Untuk Lahan Parkir, PT SMA Logistik Melanggar UU Jalan Raya No 22 Tahun 2009

Selain itu, Mas Safin juga dikenal konsisten dalam memberikan pendampingan untuk program sertifikasi pohon induk bagi komunitas. Pendampingan ini sangat membantu petani dalam meningkatkan kualitas dan produktivitas pertanian mereka.

Andik menyoroti program-program yang telah diinisiasi oleh H. Saiful Arifin, yang memberikan dampak positif bagi komunitas petani di Pati. “Sehingga para petani di Pati yang memiliki pohon induk yang bagus nanti akan dibantu untuk proses sertifikasinya,” ungkapnya.

Selain itu, Mas Safin juga menawarkan program pendampingan yang komprehensif mulai dari pra-tanam hingga pasca-panen dan pemasaran hasil pertanian.

BACA JUGA:  Kapolres Mandailing Natal Pimpin Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Pemilu

Sementara itu, H. Saiful Arifin menegaskan komitmennya untuk mendorong kaum muda agar terjun ke dunia pertanian. “Selain dinilai dapat mengurangi pengangguran, petani milenial turut memperkuat ketahanan pangan nasional,” kata Safin.

Menurut Safin, diperlukan pendampingan menyeluruh yang meliputi penyediaan bibit berkualitas, sertifikasi indukan pohon, hingga penampungan dan pemasaran hasil panen. Ia juga menekankan pentingnya pengembangan pertanian modern berbasis teknologi 4.0.

“Termasuk juga mendorong petani milenial untuk mengembangkan pertanian modern berbasis teknologi 4.0 guna meningkatkan efisiensi dan produktivitas,” imbuh Safin.

BACA JUGA:  Musrenbang RKPD Tahun 2025: Pj. Gubsu Mengenakan Pakaian Adat Batak Toba Bersama Bupati dan Wali Kota Se-Sumatra Utara

Safin percaya bahwa penerapan teknologi 4.0 dalam sektor pertanian dapat meningkatkan kesejahteraan petani. “Pengembangan sektor pertanian berbasis teknologi 4.0 dapat meningkatkan kesejahteraan petani, sehingga dapat diwujudkan prinsip petani di desa, rezeki kota, bisnis mendunia,” jelasnya.

Melalui dukungan terhadap komunitas petani milenial, Safin berharap dapat melahirkan wirausahawan muda di bidang pertanian yang selama ini dipandang sebelah mata.

“Petani milenial menjadi semacam pemicu atau gerakan besar bagi generasi muda untuk menekuni dunia pertanian, sehingga terjadi regenerasi petani,” pungkasnya.

Pos terkait