Kunjungi 10 Universitas di Inggris, UI Perluas Kerja Sama di Bidang Keteknikan

DEPOKPOS –  Delegasi Universitas Indonesia (UI) melakukan lawatan ke luar negeri guna bertemu dengan para mitra strategis, yakni 10 universitas terkemuka di Inggris, untuk membicarakan perluasan kerja sama di bidang riset, inovasi, dan pendidikan. Kesepuluh universitas tersebut adalah University of Oxford, Imperial College London, The University of Manchester, University of Leeds, The University of Sheffield, University of Birmingham, University of Nottingham, Newcastle University, University of Glasgow, dan University of Strathclyde.

Delegasi tersebut dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI, Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris; yang didampingi Dekan Fakultas Teknik (FT) UI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU.; serta jajaran staf dari FTUI, pada 7–17 Juni 2023. Prof. Haris menilai perluasan ini perlu dilakukan mengingat posisi UI kini makin diperhitungkan di kancah internasional.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:  Ini Prodi Paling Sepi Peminat di UI

“UI baru saja mendapat pengakuan global melalui peringkatnya di 20 besar dunia untuk THE Impact Ranking 2023. Posisi ini tentu harus bisa dipertahankan atau bahkan ditingkatkan. Upaya peningkatan ini salah satunya dilakukan dengan menjalin kolaborasi dengan universitas mitra interasional agar pembelajaran yang diterima mahasiswa UI semakin kaya dan berdampak luas bagi lingkungan dan masyarakat global,” ujar Prof. Haris.

Sebelumnya, UI dan sepuluh universitas mitra di Inggris telah menjalankan beberapa program kerja sama, seperti Joint Doctoral, Student Mobility, Double Degree, Joint Degree, dan Student Exchange. Namun, dari 14 fakultas, 2 sekolah, dan 1 program pendidikan yang ada di UI, belum semuanya menjalankan program tersebut.

BACA JUGA:  Vokasi UI Adakan Lokakarya Perfilman

Kerja sama UI dan The University of Leeds yang dijalankan oleh FT dalam bentuk program Double Degree akan diperluas dengan fakultas lain, yakni Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Psikologi, Fakultas Hukum, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Sementara itu, untuk kerja sama UI dan University of Birmingham yang sebelumnya dijalankan oleh FEB untuk program Double Degree dan Fakultas Ilmu Komputer untuk program Joint Degree, akan diperluas dengan FT.

Pada pertemuan tersebut, dilakukan penandatanganan kerja sama untuk pengembangan double degree program jenjang Sarjana dan Pascasarjana di beberapa universitas mitra. Adapun kerja sama ini dikhususkan untuk subject terkait keteknikan, seperti Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, Teknik Elektro, Teknik Komputer, serta Teknik Metalurgi dan Material. Kerja sama lain yang dijalankan adalah kolaborasi riset di bidang energi, serta penjajakan double degree program untuk Teknik Perkapalan dan Teknik Kelautan.

BACA JUGA:  Kalifah MTQ UGM Raih 6 Penghargaan MTQ RRI DIY 2023

Dengan adanya kerja sama ini, Prof. Haris berharap UI dapat terus memberikan fasilitas pendidikan terbaik bagi para mahasiswa dan memberi kesempatan kepada dosen untuk meningkatkan kemampuannya melalui riset inovasi berkelanjutan yang manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat. Kerja sama dengan mitra internasional ini juga diharapkan mampu meningkatkan citra positif UI dan Indonesia di mata dunia.

Selain memperluas kerja sama, para delegasi mengadakan pertemuan dengan Atase Pendidikan KBRI dan berkunjung ke kantor QS World University Ranking di London. Mereka juga bertemu dengan para alumni FTUI yang sedang menempuh pendidikan di Inggris.

Pos terkait