Kunjungi Gereja, Kapolres dan Forkopimda Pastikan Ibadah Natal di Demak Aman

MJ, Jateng – Pastikan situasi aman, Kapolres Demak bersama Forkopimda melakukan monitoring perayaan Natal 2023 ke Gereja-gereja yang ada di Kabupaten Demak.

Kegiatan tersebut sekaligus patroli sekala besar bersama TNI, Polri dan Satpol PP untuk memberi rasa nyaman kepada umat Kristiani yang melakukan ibadah malam Natal.

Sebelumnya, Kapolres Demak AKBP Muhammad Purbaya meminta jajarannya memaksimalkan pengamanan perayaan Natal 2023. Dia juga menginstruksikan jajaran melakukan sterilisasi tempat ibadah.

“Ancaman terorisme, juga menjadi tantangan yang serius. Untuk itu, kedepankan deteksi dini untuk mencegah pelaku teror melancarkan aksinya. Hal yang paling penting adalah terus tingkatkan sinergitas dan soliditas selama pelaksanaan tugas, karena hal tersebut merupakan kunci utama keberhasilan Operasi Lilin Candi 2023,” kata AKBP Purbaya saat monitoring pelaksanaan perayaan natal di GKJ Demak, Minggu (24/12/2023) malam.

BACA JUGA:  Bangun Sinergi antara Polda Kaltim dan Universitas Mulia Balikpapan: Sosialisasi Bidang Humas untuk Kesadaran Bermedia Sosial

Dikatakannya, Polres Demak bersama stakeholder terkait sudah mempersiapkan pengamanan perayaan Natal dengan melaksanakan Apel Gelar Pasukan di Alun-alun Simpang Enam Demak sore tadi.

Total ada 400 personel gabungan yang disiagakan untuk mengamankan 30 Gereja dan 14 rumah ibadah di Kabupaten Demak yang akan digunakan untuk tempat beribadah nantinya.

BACA JUGA:  Polres Pematang Siantar Bersama Tim Jibom Gegana Kompi 2 Bataliyon B polda Sumut Lakukan Sterilisasi Gereja Jelang Perayaan Natal

“Jumlah Gereja dan rumah ibadah di wilayah Demak yang kita beri pengamanan sebanyak 44 yang tersebar di 9 Kecamatan,” kata Purbaya.

Dia menambahkan, masyarakat Demak bermartabat sangat menjunjung tinggi toleransi beragama. Kendati demikian, petugas gabungan selalu mengantisipasi segala bentuk ancaman yang dapat mengganggu kondusifitas saat Natal dan Tahun Baru (Nataru).

BACA JUGA:  Donny Yosua Lexarnold Saroinsong: Pembangunan Infrastruktur di Dapil 4 Perlu Jadi Perhatian Khusus

Dalam kesempatan itu Forkopimda juga memberikan dukungan moril dan materiil kepada petugas jaga agar lebih semangat dalam melaksanakan tugas.

“Hari ini kita bersama-sama melakukan patroli dan monitoring bersama, sengkuyung bareng menunjukkan bahwa keberagaman di Demak sangat menjunjung toleransi dan guyub rukun. Semoga dengan sinergitas ini, situasi Kabupaten Demak kondusif,” pungkasnya.

Pos terkait