Kunjungi ITC Mangga Dua, Mendag Zulkifli Hasan: Kebutuhan Sandang Jelang Lebaran Lengkap, Harga Ekonomis

MJ. Jakarta – Menteri  Perdagangan  Zulkifli  Hasan  mengungkapkan, selain  terus memantau  barang kebutuhan pokok (bapok) di pasar  rakyat, Kementerian Perdagangan juga memastikan kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi. Kebutuhan sandang dan pangan sangat cukup untuk  menyambut Lebaran tahun ini.

Masyarakat dapat berbelanja dengan harga lebih ekonomis dan terjangkau sehingga dapat menyambut Lebaran dengan baik, aman, lancar, dan bahagia. Hal ini  disampaikan Mendag Zulkifli Hasan usai  meninjau Pusat Perbelanjaan ITC Mangga  Dua di Jakarta Utara, Jakarta, pada  Minggu, (17/3). 

Turut mendampingi Mendag Zulkifli Hasan yaitu Plt. Sekretaris Jenderal Kemendag Suhanto dan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Isy Karim.

BACA JUGA:  Mudik Tradisi Lebaran di Nusantara: Fenomena yang Tidak Tergantikan

“Jadi, kalau hari kerja, kita ke pasar rakyat memperhatikan harga cabai, beras, ayam, telur dan lain-lain. 

Waktu hari libur, kami ke pusat perbelanjaan (grosir) karena Lebaran bagaimanapun terkait ketersediaan  sandang dan pangan. 

Jadi, ada pangan. Namun, juga perlu  pakaian dan disini juga ramai serta  harganya ekonomis. Mudah-mudahan  Lebaran kali ini bisa berlangsung  dengan baik, aman, lancar, dan  masyarakatnya bahagia karena barang  kebutuhannya ada, yaitu pangan dan sandang lengkap,” jelas Mendag Zulkifli Hasan.

Terkait kebutuhan pokok seperti cabai, Mendag Zulkifli Hasan menjelaskan,  cabai merupakan tanaman yang sangat   bergantung pada cuaca.  

BACA JUGA:  Warga Limo Kembali Tuntut Pembayaran Tanah Tol Cijago Seksi 3B

Untuk itu, pemerintah bersama pemangku kepentingan terkait harus bisa  mengembangkan sistem pertanian yang  dapat terus beradaptasi dalam berbagai kondisi cuaca.

“Cabai sangat bergantung pada musim atau cuaca. Kalau hujan terus-menerus dan lebat, panennya gagal. Kalau panennya  gagal, suplainya sedikit, permintaan  banyak, harga naik. Oleh karena itu, Kementerian Pertanian dan lainnya harus mengembangkan sistem pertanian, terutama cabai yang tidak begitu terpengaruh dengan cuaca,”jelas Mendag Zulkifli Hasan.

Sementara untuk beras, Mendag Zulkifli Hasan kembali menyebut, pemerintah melalui Bulog telah menyediakan beras program Stabilisasi Pasokan dan Harga   Pangan (SPHP) dengan harga Rp10.900/kg  dan beras premium dengan harga  Rp14.000/kg. 

BACA JUGA:  PP Salimah Dukung Larangan LGBT di Lingkungan Kampus

Selain itu, pemerintah menjamin ketersediaan beras untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Sementara itu,  untuk harga telur dan ayam sudah mulai turun.

“Kalau yang disediakan pemerintah yaitu beras Bulog dengan kualitas bagus dan dijamin harganya tidak naik serta persediaannya lebih dari cukup. Selain itu, yang mau ber-Lebaran mau pakai baju, mukena, sarung baru, semua tersedia dan harganya ekonomis,”tutup Mendag Zulkifli Hasan.  

 

Sumber: Humas Kementerian Perdagangan 

Pos terkait