Kunyit sebagai obat alami meredakan sakit gigi

Kunyit sebagai obat alami meredakan sakit gigi

DEPOK POS – Tumbuhan obat adalah semua jenis tumbuhan digunakan sebagai bahan ramuan obat tradisional dimana bahan aktifnya dapat digunakan sebagai bahan obat sintetik baik secara tunggal maupun campuran yang dianggap dan dipercaya dapat menyembuhkan suatu penyakit atau dapat memberikan pengaruh terhadap kesehatan.

Salah satu upaya untuk mengurangi sakit gigi adalah dengan menggunakan ramuan tradisional yang berasal dari kunyit, karena kunyit memiliki sifat antiradang, antiseptik, antibakteri, dan pereda nyeri alami. Ramuan Kunyit dapat meredakan sakit gigi karena kunyit mengandung zat seperti antiradang, antibakteri, antiseptik dan pereda nyeri alami yang dapat meredakan sakit gigi.

BACA JUGA:  Benarkah Daun Salam dapat Menurunkan Kolestrol?

Kunyit

Kunyit merupakan tanaman obat berupa semak dan bersifat tahunan(perenial) yang tersebar diseluruh daerah tropis.Tumbuhan kunyit tumbuh subur dan liar disekitar hutan atau bekas kebun.

Fungsi

Kunyit memiliki banyak khasiat sebagai jamu dan obat tradisional,senyawa yg terkandung dalam kunyit(kurkumin dan minyak atsiri) yang memiliki peranan sebagai antioksidan,antitumor,antikanker,antimikroba dan antiracun.

BACA JUGA:  Rokok Elektrik dan Rokok Batangan, Apakah Sama Bahayanya?

Dampak negatif dari kunyit

Mengonsumsi kunyit secara berlebihan dapat menyebabkan gejala ringan seperti sakit perut,diare,refluks asam,pusing dan sakit kepala.jika mengonsumsi kunyit dalam jumlah yg banyakndalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan meningkatnya resiko pembentukan batu ginjal karena meningkatkan kadar oksalat urin.

Cara penggunaan kunyit untuk penggobatan sakit gigi

Kunyit dapat menjaga kesehatan gusi dan mencegah sakit gigi dari infeksi bakteri.berikut cara penggunaan nya:

BACA JUGA:  Benarkah Prenatal Distress Terjadi Pada Ibu Hamil Selama Pandemi COVID-19?

Dengan cara menghaluskan kunyit atau bisa juga dengan mencampurkan bubuk kunyit dengan sedikit air hingga menyerupai pasta,oleskan pasta kunyit tersebut pada gigi yg berlubang atau gigi yang sakit,kemudian diamkan beberapa menit sebelum berkumur dengan air hangat. Lakuakn pengobatan ini sekali atau dua kali sehari sampai sakit gigi anda berkurang.

Jenifer Herbila Reshanda
Mahasiswa Prodi Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan Dan Teknologi Universitas Binawan.

Pos terkait