Lakukan 5 Hal Ini Agar Kesehatan Telinga Terjaga

DEPOKPOS – Beberapa orang mungkin belum mengetahui cara menjaga kesehatan telinga dengan benar. Apabila kesehatan dan kebersihan telinga tidak dijaga, dapat terjadi gangguan pendengaran dan keseimbangan.

Merawat kebersihan dan kesehatan telinga penting dilakukan untuk mencegah gangguan kesehatan pada telinga. Tidak hanya mengganggu pendengaran, jika ada gangguan pada telinga bisa mengganggu keseimbangan tubuh.

Maka sebaiknya menjaga kesehatan telinga dengan baik agar organ pendengaran dan keseimbangan tetap berfungsi dengan baik.

Telinga merupakan indera penting tanpa adanya telinga maka tidak ada suara yang ditangkap ataupun didengar. Telinga memiliki beberapa bagian serta memiliki fungsi yang berbeda.

Seperti daun telinga yang memiliki fungsi mengarahkan suara ke lubang telinga yang akan diteruskan ke bagian dalam telinga yang akan dikirimkan ke otak sehingga otak dapat menerjemahkan berbagai suara.

BACA JUGA:  Manfaat Bangun Pagi untuk Otak dan Tubuh

Telinga yang sehat mampu menjalankan fungsi secara normal sebagai indera pendengar dan mampu menjaga keseimbangan tubuh.

Bagaimana cara menjaga kesehatan telinga dengan tepat? Berikut ini cara yang dapat dilakukan :

Berhenti Kebiasaan Mengorek Telinga

Sebaiknya berhati-hati mengorek telinga sebab bila tidak berhati-hati dapat melukai telinga dan membuat kotoran telinga masuk lebih dalam.

Sebenarnya telinga mempunyai cara alami untuk membersihkan kotorannya sendiri, jadi sebaiknya kunjungi dokter THT untuk melakukan pemeriksaan dan pembersihan telinga dengan cara yang aman.

BACA JUGA:  5 Cara Diet Tanpa Olahraga, Cocok Banget buat Kaum Mager!

Menjauhkan Telinga dari Suara yang Terlalu Keras

Apabila Anda sering mendengarkan musik menggunakan earphone, sebaiknya beri batasan waktu, hindari musik yang keras dan ada jeda waktu istirahat.

Jika Anda bekerja di lingkungan yang bising sebaiknya menggunakan earplug atau sumbatan telinga agar terhindar dari gangguan pendengaran.

Hindari Penggunaan Ear Candle

Penggunaan ear candle cenderung berbahaya karena bisa menyebabkan cedera pada telinga seperti terbakar dan tersumbatnya saluran telinga.

Menjaga Telinga agar Tetap Kering

Kondisi telinga yang basah atau lembab memungkinkan bakteri dan jamur berkembang biak di dalam telinga, hal tersebut dapat memicu iritasi dan infeksi pada telinga.

BACA JUGA:  10 Manfaat Minum Air Putih, Nomor 3 dan 4 Paling Dicari Wanita

Apabila Anda sedang melakukan aktivitas berenang, sebaiknya menggunakan penyumbat telinga untuk mencegah air masuk ke dalam telinga.

Selain itu, tidak lupa untuk mengeringkan telinga dengan handuk yang bersih dan kering setiap selesai berenang maupun mandi.

Melakukan Pemeriksaan Telinga Secara Rutin

Memeriksakan telinga ke dokter THT secara rutin penting dilakukan untuk menjaga kesehatan telinga dan mendeteksi bila ada gangguan pada telinga.

Melalui pemeriksaan secara rutin ke dokter, tanda atau gejala penyakit telinga dapat terdeteksi sejak dini dan tindakan penanganan dapat segera dilakukan.

Muhammad Yahya

Pos terkait