Langkah Mudah Cari Duit Online Melalui e-Commerce

DEPOKPOS – Berbisnis merupakan proses dalam menciptakan sesuatu yang mana dibutuhkan waktu, modal, serta risiko dengan tujuan untuk mendapatkan kepuasan dari para pengguna atau juga bisa menerima balas jasa. Berbisnis yang berkaitan dengan keuntungan, nilai, dan penciptaan produk atau jasa yang menarik di pasaran karena dinilai inovatif dan kreatif.

Orang yang mencari duit online melalui proses berbisnis disebut dengan pebisnis. Tidaklah mudah untuk menjadi seorang pebisnis, disamping harus memiliki modal yang cukup, seorang pebisnis harus memiliki imajinasi, kreativitas, dan inovasi yang dapat menunjangnya dalam hal merencanakan, ataupun mengambil tindakan atau risiko dalam setiap langkah usahanya. Orang yang cari duit online merupakan seseorang yang mampu menciptakan peluang yang sebelumnya belum pernah dinilai sebagai sebuah peluang oleh orang lain.

Untuk dapat mencari duit online setidak-tidaknya seorang pebisnis harus memiliki beberapa kemampuan, diantaranya:

  • Mampu menciptakan sebuah peluang berdasarkan keinginan dan imajinasi diri sendiri
  • Mampu mengembangkan seluruh potensi dan kemampuan yang dimiliki
  • Membuka peluang bagi masyarakat sekitar dengan usaha yang dijalaninya
  • Membuka peluang untuk memimpin orang lain atas apa yang akan dijalankan oleh bisnisnya
  • Mendapatkan kebebasan dari segala bentuk pengawasan
BACA JUGA:  Bagaimana Hukum Tidak Menikah di dalam Islam?

Namun dibalik adanya keuntungan menjadi seorang yang mencari duit online, tentunya juga terdapat beberapa kelemahan, diantaranya adalah:

Diperlukan waktu yang lama sehingga seorang pebisnis harus mengorbankan waktu yang ia miliki
Risiko dari kebebasan segala bentuk birokrasi organisasi
Tingginya risiko kegagalan juga merupakan salah satu kelemahan dari berpebisnis dan juga kemungkinan kecilnya keuntungan yang didapat.

Untuk itulah mengambil langkah menjadi seorang yang mencari duit online dengan menjadi pebisnis bukanlah perkara memiliki modal yang banyak lalu bisa mendirikan bisnis. Terdapat beberapa ciri dari seseorang yang dapat menjadi seorang yang dapat cari duit online yang baik yaitu diantaranya: Suka mengambil risiko dalam suatu pekerjaan, memiliki kestabilan mental yang baik, memiliki kemampuan bertanggungjawab, dan memiliki pemikiran dalam jangka panjang.

Jual beli online atau yang biasa disebut dengan e-commerce merupakan gabungan antara kemajuan teknologi dengan dunia perdagangan dimana saat ini pembeli dapat membeli barang dan/atau jasa yang ia inginkan melalui internet yang dapat mengakses beberapa aplikasi e-commerce seperti shopee, Tokopedia, Lazada, hingga BukaLapak. Jual beli merupakan salah satu perikatan yang dijalankan untuk memiliki sesuatu yang mana terjadi perpindahan kepemilikan di dalamnya, yang semula barang dan/atau jasa tersebut adalah milik penjual, setelah adanya perikatan jual beli maka barang dan/atau jasa tersebut menjadi milik pembeli.

BACA JUGA:  Kenali Halal Haramnya Makanan dalam Islam

Perdagangan elektronik atau yang disebut dengan e-commerce merupakan perdagangan yang menggunakan jaringan komputer dan sinyal internet dalam rangka menjalankan proses bisnisnya. Pengertian lain dari e-commerce adalah kegiatan bisnis yang menggunakan internet serta komputer dengan browser web untuk mengenalkan, menawarkan, menjual, dan membeli produk yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Terdapat beberapa keunggulan yang didapatkan oleh pengusaha yang memilih untuk mencari duit online melalui e-commerce diantaranya adalah:

  • jenis produk yang ditawarkan melalui e-commerce dapat lebih beragam karena jika toko offline dengan keterbatasan lahan,
  • tidak dibutuhkannya tempat untuk berjualan,
  • dapat menerima pesanan dari beberapa platform,
  • memiliki beragam cara untuk melakukan pembayaran yang tentunya menguntungkan bagi konsumen.
  • memiliki beragam metode pengiriman.
  • adanya pelayanan 24 jam yang diberikan oleh penjual.
BACA JUGA:  Etika dalam Komunikasi Bisnis

Jika dianalisa dari konsep jual beli online dimana tidak ada pertemuan fisik antara penjual dan pembeli yang mana berarti pembeli tidak dapat menyaksikan langsung barang dan/atau jasa yang ditawarkan maka konsep jual beli online termasuk kedalam penggolongan jual beli jenis ketiga. Pembeli hanya dapat melihat barang yang ditawarkan melalui gambar atau video yang belum pasti merupakan bentuk asli dari barang yang diperjualbelikan. Masih terdapat peluang yang sangat besar ketika pembeli tidak mendapatkan barang yang sama dengan barang yang ia lihat di foto ataupun video. Jadi, menarik sekali bukan? Untuk mendapatkan uang di era saat ini kita hanya membutukan teknologi yang mendukung, dan semua akan terasa lebih mudah. Gunakan teknologi sbaik mungkin agar mendapatkan hasil yang baik pula untuk kedepannya.

Dhea Putri Mahasiswi Universitas Pamulang

Pos terkait