Larangan Menggunjing dalam Islam

Menggunjing atau ghibah adalah perbuatan dimana kita membicarakan orang lain tentang perilaku buruknya tanpa sepengathuannya.

DEPOKPOS – Dalam kehidupan ini kita pasti memiliki kehidupan sosial denga sesama. Karena, pada hakikinya kita sebagai manusia pasti saling membutuhkan dalam kehidupan yang kita jalani.

Namun, setiap kita pasti memiliki rasa dengki atau tidak suka kepada salah satu teman, sauadara, atau orang orang yang ada disekitar kita.

Dari perlakukan tidak suka tersebut yang mengakibatkan adanya gunjing antar orang orang atau bahasa sekarang sering kita kenal dengan kata gibah.

BACA JUGA:  Indahnya Doa

Menggunjing atau ghibah adalah perbuatan dimana kita membicarakan orang lain tentang perilaku buruknya tanpa sepengathuannya.

Menggunjing atau gibah ini sangat dilarang dalam islam. Banyak hadist dan ayat alquran yang menjelaskan tentang tidak boleh menggunjing atau mengibah tentang tingkah laku seseorang.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اجْتَنِبُوْا كَثِيْرًا مِّنَ الظَّنِّۖ اِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ اِثْمٌ وَّلَا تَجَسَّسُوْا وَلَا يَغْتَبْ بَّعْضُكُمْ بَعْضًاۗ اَيُحِبُّ اَحَدُكُمْ اَنْ يَّأْكُلَ لَحْمَ اَخِيْهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوْهُۗ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ تَوَّابٌ رَّحِيْمٌ

Artinya :

“ Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat, Maha Penyayang.”

Dari ayat tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwa betapa tidak terpujinya sifat menggunjing atau menggibah orang lain.

BACA JUGA:  5 Amalan yang Dapat Dilakukan di Bulan Sya'ban

Karena dengan menggibah atau menggunjing orang lain sama saja kita seperti memakan daging saudara kita sendiri yang sudah mati. Banyak sekali dampak negatif yang kita dapatkan ketika kita menggunjing atau menggibah tentang tingkahlaku orang lain.

BACA JUGA:  Tak Langsung Diharamkan, Ini Tahapan Larangan Riba dalam Al-Qur'an

Selain menambah amal keburukan atau dosa bagi kita, kita juga mempunyai banyak musuh ketika hidup di dunia, kemudian dia juga termasuk orang orang yang munafik. Yang mana Allah SWT sangat membenci orang-orang yang munafik diatas dunia ini.

Maka dari itu sebagai muslim yang baik kita harus menghindari menggunjing atau menggibah tentang hal-hal yang tidak perlu dibahas dengan orang lian. Karena pada hakekatnya pasti setiap manusia mempunyai kekurangan.

Aulia Putri Juanti

Pos terkait