LeMondial Business School Dapat Akreditasi “BAIK” dari BAN-PT, Ketua Yayasan Dorong Fokus pada Kualitas Pendidikan

LeMondial Business School Dapat Akreditasi “BAIK” dari BAN-PT, Ketua Yayasan Dorong Fokus pada Kualitas Pendidikan

MJ. Jakarta – Sekolah Tinggi Manajemen Pariwisata dan Logistik Lentera Mondial (STIM-PAL Lemondial), yang dikenal sebagai Lemondial Business School (LBS), berhasil meraih akreditasi dengan nilai “BAIK” dari Badan Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Pencapaian ini merupakan kabar gembira bagi Yayasan Saint Mary International selaku badan pengelola perguruan tinggi dan seluruh civitas akademika LBS, karena memberikan kepastian dan keadilan hukum terhadap penyelenggaraan pendidikan tinggi.

Ketua LBS, Fransiscus Amonio Halawa, menyampaikan bahwa dengan adanya akreditasi ini, LBS semakin konsisten dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan terus bertransformasi untuk merespon disrupsi teknologi serta tuntutan dunia kerja dan industri yang terus berubah.

“Transformasi ini diharapkan mencakup semua aspek, termasuk kurikulum, proses dan metode pembelajaran, fasilitas Business Simulation Center, Student Career Development Program, serta peningkatan rasio dosen dan praktisi,” ujarnya beberapa hari yang lalu.

BACA JUGA:  Kakanwil Kemenkumham Jatim Ingatkan Notaris Untuk Tingkatkan Integritas Dalam Berkinerja

Fransiscus juga menjelaskan bahwa LBS bekerjasama dengan berbagai organisasi profesi dan korporasi yang memiliki program-program strategis. Salah satunya adalah LeMondial Career yang berperan sebagai partner strategis dalam bidang Human Capital and Career Solution, memberikan keuntungan bagi LBS dalam menyalurkan mahasiswa yang telah mumpuni ke industri serta memiliki peta karir yang jelas.

Akreditasi dengan nilai “BAIK” ini diberikan oleh Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT, Prof. Ari Purbayanto, Ph.D, melalui Surat Keputusan Nomor 1023/SK/BAN-PT/Ak.P/PT/V/2024 tertanggal 15 Mei 2024. Status akreditasi yang diperoleh LBS ini berlaku selama dua tahun hingga 15 Mei 2026.

Pada 15 Mei 2024, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) secara resmi menetapkan bahwa Sekolah Tinggi Manajemen Pariwisata dan Logistik Lentera Mondial (STIM-PAL Lemondial), yang lebih dikenal sebagai LeMondial Business School (LBS), memenuhi syarat untuk mendapatkan peringkat akreditasi “BAIK”. Hal ini diumumkan dalam klausul pertama Surat Keputusan BAN-PT yang dikeluarkan pada tanggal tersebut.

BACA JUGA:  AHY Pimpin Rapat 100 Hari Kerja Menteri ATR/BPN

Perolehan status akreditasi “BAIK” ini merupakan pencapaian yang diraih sembilan bulan setelah proses penyatuan dan perubahan nama perguruan tinggi. Penyatuan LBS disahkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 648/E/O/2023, yang mengizinkan penggabungan Akademi Pariwisata Saint Mary dan Akademi Bahasa Asing Saint Mary ke Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Saint Mary di Jakarta yang diselenggarakan oleh Yayasan Saint Mary International pada tanggal 9 Agustus 2023.

Sementara itu, perubahan nama perguruan tinggi menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Pariwisata dan Logistik Lentera Mondial atau LeMondial Business School ditetapkan oleh Mendikbudristek melalui Surat Keputusan Nomor 669/E/O/2023. Perubahan ini dilakukan sebagai bagian dari transformasi kelembagaan perguruan tinggi untuk merespons tuntutan pasar dan disrupsi teknologi.

BACA JUGA:  “Mafia , Tender Pelelangan Proyek Dinas Pendidikan Malaka

Mohammad Hanafi, Ketua Yayasan Saint Mary International, menekankan pentingnya fokus LBS pada pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Baginya, nama dan akreditasi perguruan tinggi bukanlah hal yang paling utama dalam mencetak lulusan yang kompeten, namun SDM yang berkualitas siap untuk bersaing di industri.

“Di industri, perusahaan tidak melihat dari mana calon karyawan tersebut lulus. Yang penting adalah apa yang bisa mereka berikan. Itulah yang menjadi fokus kami,” ujarnya.

Saat ini, LeMondial Business School menawarkan empat Program Studi, yaitu S1 Manajemen, S1 Logistik, D3 Sekretari, dan D3 Perhotelan. Perguruan tinggi ini terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanannya guna menghasilkan lulusan yang dapat memenuhi tuntutan dunia kerja yang semakin kompleks.

Pos terkait