Lima Tips Persiapan Liburan Sekolah Makin Seru

DEPOKPOS – Liburan sekolah merupakan momen untuk melakukan berbagai aktivitas menarik bersama keluarga, mulai dari menjelajahi destinasi baru, mengunjungi taman hiburan, hingga staycation. Namun, perlu persiapan yang matang supaya liburan sekolah dengan keluarga berjalan lancar dan seru.

Sales and Operation Development Senior Lead Tokopedia, Mirna Puspita, mengatakan, “Mempersiapkan kegiatan liburan sekolah bisa menjadi hal yang menantang bagi orang tua. Maka, Tokopedia berupaya untuk mempermudah masyarakat–khususnya orang tua yang sedang mempersiapkan aktivitas saat liburan sekolah–untuk menemukan berbagai layanan hingga produk yang sesuai.”

Tokopedia pun melihat animo yang tinggi dari masyarakat pada kategori Travel and Entertainment. “Kabupaten Tanah Bumbu (Sumatra Barat), Banjar (Jawa Barat) dan Berau (Kalimantan Timur) menjadi wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi paling tinggi di kategori Travel dan Entertainment di Tokopedia selama semester I 2023 dibandingkan semester I 2022, dengan rata-rata peningkatan hampir 4 kali lipat,” tambah Mirna.

Tips Persiapan Liburan Seru

Agar liburan makin seru dan berjalan lancar, Tokopedia diwakilkan Mirna membagikan tips untuk mempersiapkan kegiatan selama liburan sekolah.

1. Riset terlebih dahulu
Mengisi liburan sekolah membutuhkan persiapan yang matang, apalagi jika pergi bersama keluarga. “Pastikan kita sudah riset terlebih dahulu sebelum pergi, mulai dari tempat yang ingin dituju, bagaimana keadaan di sana hingga fasilitas apa yang kita perlukan. Dengan melakukan riset secara seksama kita bisa meminimalisasi ketidaknyamanan saat berlibur dengan keluarga,” jelas Mirna.

BACA JUGA:  3 Tips Berolahraga saat Puasa agar Tubuh Tetap Bugar

Masyarakat juga bisa membandingkan berbagai moda transportasi yang akan dipilih untuk liburan. “Lewat Tokopedia, masyarakat dapat dengan mudah melihat berbagai harga tiket pesawat, kereta api dan hotel lalu memesannya sesuai dengan anggaran liburan,” usul Mirna.

“Kami mencatat, ada peningkatan transaksi tiket pesawat, kereta api dan hotel ke beberapa destinasi domestik seperti Medan, Yogyakarta, Malang dan Bali selama kuartal II dibandingkan kuartal I 2023 melalui Tokopedia,” jelas Mirna.

2. Cek promo supaya biaya liburan sekolah lebih hemat
“Tokopedia telah menghadirkan banyak promo melalui kampanye ‘Tokopedia Liburia’, mulai dari diskon hingga Rp1 juta untuk pembelian penginapan seperti hotel, vila dan apartemen, tiket pesawat hingga berbagai tiket tujuan wisata dan atraksi, baik di Indonesia maupun luar negeri,” jelas Mirna.

“Tokopedia juga melihat, ada peningkatan transaksi tiket pesawat dan hotel ke beberapa destinasi internasional seperti Bangkok dan Kuala Lumpur pada kuartal II dibandingkan kuartal I 2023 melalui Tokopedia,” tutur Mirna.

BACA JUGA:  Mengatasi Penuaan Kulit: 7 Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan

3. Isi dengan aktivitas menyenangkan
Agar liburan makin seru, penting untuk merencanakan tempat wisata yang akan dikunjungi. “Kepraktisan dalam membeli tiket tempat wisata, seperti kebun raya atau taman bermain, secara online lewat Tokopedia memberi kemudahan bagi masyarakat. Selain tidak perlu mengantri, masyarakat juga dapat membuat liburan berjalan lebih lancar,” ujar Mirna.

Tokopedia pun mencatat Kota Pasuruan (Jawa Timur), Samarinda (Kalimantan Timur) dan Banjarmasin (Kalimantan Selatan) menjadi beberapa wilayah dengan peningkatan tertinggi jumlah pembeli produk travel melalui Tokopedia selama semester I 2023 dibandingkan semester I 2022, dengan rata-rata peningkatan hampir 2 kali lipat.

4. Lunasi tagihan sebelum berangkat liburan sekolah
Untuk menghindari denda keterlambatan dan pemutusan layanan saat kembali ke rumah, pastikan untuk melunasi tagihan sebelum berangkat liburan.

“Tokopedia telah menghadirkan fitur Kelola Tagihan untuk mempermudah masyarakat membayar belasan macam tagihan dan top-up–antara lain Paket Data, Listrik PLN, m-tix XXI, Internet dan TV Kabel, Air PDAM, Telkom, Premi Asuransi, Pajak PBB, Angsuran Kredit, Uang Elektronik, Pulsa Pra maupun Pascabayar, Properti, Tagihan Gas dan BPJS Kesehatan maupun Ketenagakerjaan–secara sekaligus, lewat satu halaman,” tutur Mirna.

BACA JUGA:  Lakukan 5 Hal Ini Agar Terhindar Penyakit Muntaber

Lewat fitur Kelola Tagihan masyarakat bisa mengetahui rincian tagihan yang harus dibayarkan setiap bulannya dan tanggal jatuh tempo dari masing-masing tagihan. Melalui fitur ini juga, masyarakat bisa melunasi tagihannya secara tepat waktu dan terhindar dari denda jatuh tempo.

“Kami mencatat transaksi listrik PLN, air PDAM dan pajak PBB di Tokopedia mengalami peningkatan sebesar lebih dari 30% selama semester I 2023 dibandingkan semester I 2022. Selain itu, angsuran kredit melalui Tokopedia mengalami peningkatan transaksi hampir 2 kali lipat selama semester I 2023 dibandingkan semester I 2022,” tambah Mirna.

5. Jaga stamina selama liburan sekolah
Menjaga kesehatan selama liburan merupakan hal yang sangat penting karena saat liburan biasanya ditempuh dalam jarak yang jauh dan melibatkan aktivitas fisik yang intens. Jika kondisi badan sedang tidak fit, tubuh akan mudah lelah, terjangkit penyakit dan akhirnya tidak bisa menikmati liburan dengan maksimal.

 

Pos terkait