Literasi Tak Sekedar Membaca dan Menulis

DEPOKPOS – Literasi seringkali didefinisikan sebagai kegiatan membaca dan menulis yang dapat menambah pengetahuan dan keterampilan seseorang, serta melatih otak untuk berpikir kritis saat memecahkan suatu masalah.

Tak hanya membaca dan menulis, literasi juga bisa diartikan sebagai kemampuan berbicara atau berbahasa yang dimiliki oleh seseorang dalam berkomunikasi.

Literasi bukan berarti membaca buku pelajaran saja, tetapi juga bisa dengan membaca novel, koran, majalah, buku cerita dan lain sebagainya.

Ada pepatah mengatakan “Buku adalah jendela dunia”. Tentu saja pepatah ini sudah tidak asing lagi untuk kita, karena memang benar dari buku kita bisa mengetahui terkait dunia.

BACA JUGA:  Pengaruh Trend K-pop di Kebudayaan Indonesia

Ketika kita membaca buku, otomatis kita bisa mengeksplor dunia yang tidak kita temukan secara langsung, namun kita temukan di dalam buku.

Contohnya saat kita belum pernah ke Turki tetapi di suatu buku ada yang menjelaskan bagaimana negara tersebut otomatis kita bisa mengetahui tentang apa saja yang ada di Turki, bagaimana kehidupan di sana dan tentunya banyak informasi yang kita dapatkan dari buku tersebut.

Dari literasi inilah yang awalnya kita tidak tahu menjadi tahu serta menambah pengetahuan terkait suatu hal yang baru.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, literasi juga bisa dilakukan secara digital. Tak hanya lewat buku, melainkan juga bisa menggunakan handphone dan laptop.

BACA JUGA:  Sekilas tentang Pesantren Kilat Ramadhan

Literasi bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Namun, masih banyak orang yang minat bacanya kurang dan perlu diberikan inovasi agar memiliki keinginan membaca pada era saat ini.

Dengan memanfaatkan media sosial, kita bisa membagikan hal-hal yang bermanfaat untuk orang lain melalui tulisan yang pasti akan dibaca oleh banyak orang karena cakupannya yang sangat luas. Literasi tentu berdampak baik untuk kita karena banyak manfaat yang bisa kita peroleh.

Beberapa manfaat dari literasi ialah sebagai berikut :

BACA JUGA:  Efektivitas Komunikasi Negosiasi dalam Bisnis

⦁ Menambah wawasan dan pengetahuan terkait suatu hal.
⦁ Membuat otak bekerja dengan optimal.
⦁ Menambah kosa kata seseorang.
⦁ Meningkatkan kemampuan dalam menyusun atau merangkai kata.
⦁ Melatih kemampuan analisis dan berpikir kritis.
⦁ Melatih konsentrasi dan fokus seseorang.
⦁ Mempelajari dan mengetahui hal-hal baru.

Oleh karena itu, perlu kita tanamkan dalam diri kita bahwa literasi itu sangat penting. Bukan hanya kemampuan membaca dan menulis, namun literasi juga melibatkan pengetahuan bahasa seseorang. Bahkan sudah banyak orang yang menjadikan literasi sebagai aktivitas rutinnya.

Annisa Reka Putri

Pos terkait