Logistik Berkecepatan Tinggi dengan Rusia: Berapa Banyak akan diperoleh Bisnis Islam?

DEPOKPOS – Lebih cepat dua kali lipat dengan pengiriman kontainer muatan 15-30 kali lipat lebih banyak: Rusia dan negara-negara di Eurasia merencanakan pengembangan berskala besar koridor transportasi internasional Utara – Selatan.

Proyek ini dapat melibatkan negara-negara di Asia, Teluk Persia, Afrika Timur, dan mengubah logistik global. Rincian akan dibahas pada tanggal 18 Mei di Forum Ekonomi Internasional ke-14 ‘Rusia – Dunia Islam: KazanForum’ 2023 di kota Kazan, Rusia. Acara ini akan mengumpulkan wakil dari 72 negara.

Ekonomi Islam sedang berkembang pesat – total nilai asetnya telah melebihi $3,5 triliun. Peluang pertumbuhan baru terbuka melalui pengembangan perdagangan dengan Rusia, di mana tinggal 20 juta orang Muslim, dan munculnya peluang-peluang yang dapat diisi oleh impor dari negara-negara Islam. Banyak perusahaan sudah menggunakan arah Utara secara aktif: volume perdagangan antara negara-negara Organisasi Kerjasama Islam dengan wilayah-wilayah Rusia selama tiga tahun terakhir meningkat hampir 30% dan mencapai lebih dari $100 miliar.

Kemungkinan ekspor Rusia ke negara-negara Dunia Islam semakin berkembang, termasuk produk Halal. Prospeknya adalah pengembangan kerja sama dalam memproduksi barang di sektor pertanian, industri IT, energi, dan manufaktur.

BACA JUGA:  Kementerian Kesehatan di Gaza: Israel Sengaja Targetkan Staf Medis

Keberhasilan proyek-proyek ini akan dipastikan oleh logistik baru: rute pengiriman barang yang cepat dan berkapasitas tinggi. Untuk mencapainya, diusulkan pembentukan kerangka transportasi tunggal di wilayah Eurasia, yaitu jaringan koridor transportasi internasional modern yang menghubungkan negara-negara tengah dan selatan di benua tersebut. Proyek logistik utama adalah Koridor Transportasi Internasional Utara – Selatan (selanjutnya disebut sebagai MTK «Utara – Selatan»). Ini bertujuan untuk menghubungkan Eropa Utara, Rusia, dan negara-negara Uni Ekonomi Eurasia dengan negara-negara Teluk Persia dan Samudra Hindia.

Jika dibandingkan dengan koridor transportasi yang lain, keunggulan utama MTK Utara – Selatan adalah pengurangan waktu pengiriman barang yang signifikan (barang dari Eropa ke India dapat dikirim dua kali lebih cepat daripada melalui Terusan Suez), pilihan rute yang luas (melalui negara-negara Kaukasus, Asia Tengah, atau melalui Laut Kaspia), serta kemampuan memilih bentuk pengiriman yang nyaman (koridor ini mencakup infrastruktur transportasi kereta api, jalan raya, dan air).

Keanekaragaman rute memungkinkan proyek MTK Utara – Selatan terhubung dengan sebagian besar koridor transportasi lintang di Eurasia. Dengan pembaruan infrastruktur, akan muncul jaringan transportasi yang meliputi hampir seluruh benua dan banyak negara di Afrika.

BACA JUGA:  Media Israel Sebut 1.000 Lebih Tewas Akibat Serangan Hamas

Menurut perkiraan Bank Pembangunan Eurasia, pada tahun 2030 volume pengiriman kontainer melalui rute MTK «Utara – Selatan» dapat meningkat hingga 11,9 juta ton per tahun atau setara dengan 662 ribu TEU (twenty-foot equivalent unit/unit ekuivalen dua puluh kaki), dan total volume muatan dapat mencapai 24,7 juta ton.

Investasi dalam infrastruktur logistik dan koridor internasional membuka peluang besar bagi bisnis Islam di masa depan. Dalam rangka MTK Utara – Selatan, lebih dari 100 proyek investasi telah direalisasikan dan direncanakan untuk dilaksanakan hingga tahun 2030 dengan total nilai investasi lebih dari $38 miliar.

Setelah KazanForum 2022, kerangka transportasi Eurasia mendapatkan objek infrastruktur penting lainnya: pusat distribusi grosir Agroekspress-Kazan, yaitu sebuah layanan pengiriman makanan Rusia ke Kazakhstan, Uzbekistan, Iran, Tiongkok, dan Timur Tengah menggunakan kereta api berkecepatan tinggi.

Proyek logistik besar ini sedang dijalankan dengan melibatkan Kelompok Visi Strategis Rusia – Dunia Islam dan sebagai hasil dari kesepakatan internasional dalam rangka KazanForum. Peserta dan pakar-pakar KazanForum 2023 akan membahas peluang-peluang baru bagi MTK dalam pengembangan ekonomi dan logistik ekspor Eurasia yang luas.

BACA JUGA:  Tentara Israel Diserang Wabah Diare ‘Tak Biasa’ di Gaza

Dalam rangka topik Logistik, akan diadakan serangkaian sesi:

  • MTK Utara-Selatan. Rusia-Timur: logistik, impor-ekspor;
  • Kerja Sama Antarindustri logistik-produksi-perdagangan sebagai instrumen perluasan hubungan perdagangan luar negeri;
  • Layanan Logistik. Praktik-praktik Sukses.

Forum ekonomi internasional «Rusia – Dunia Islam: KazanForum» adalah acara yang penting untuk interaksi usaha di antara Rusia dan negeri-negeri dunia Islam. Tujuan forum ini adalah perkuatan hubungan di bidang ekonomi, dagang, ilmiah, teknis, pendidikan, sosial, dan budaya di antara berbagai daerah Rusia dan negeri-negeri Organisasi Kerjasama Islam dengan 57 negara anggotanya.

Forum ekonomi internasional Rusia – Dunia Islam: KazanForum ХIV akan diselenggarakan pada tanggal 19-21 Mei tahun 2023 (pada tanggal 18-19 Mei ada program usaha, pada tanggal 20-21 ada program budaya). Lokasi acara ini: Federasi Rusia, Republik Tatarstan, kota Kazan, Balai pameran internasional Kazan Ekspo.

Program KazanForum 2023 mencakup sekitar dua ratus acara, termasuk lebih dari 140 sesi. Topik diskusi untuk pakar: keuangan Islam, industri Halal, kerjasama internasional, logistik, industri, pembangunan berkelanjutan dan ESG, teknologi IT, inovasi, investasi, kewirausahaan untuk pemuda, UMKM, perspektif wanita, pendidikan, kedokteran, olahraga dan banyak lagi.

Pos terkait