LSM Harimau Kabupaten Bogor Lebarkan Sayap, Pembentukan PAC LSM Harimau di Gunung Sindur Resmi Dideklarasikan

MJ. Bogor – Pembentukan Pimpinan Anak Cabang (PAC) LSM Harimau di Kecamatan Gunung Sindur resmi dibentuk oleh Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) LSM Harimau Bogor Raya, Reno Guandi. Penyerahan Surat Keputusan (SK) dilakukan pada Minggu, 9 Juni 2024, di Kp Rawa lembang Desa Cibinong, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor.

Pembentukan LSM Harimau di wilayah Gunung Sindur, yang berbatasan dengan Tangerang dan Bogor, dilatarbelakangi oleh banyaknya persoalan masyarakat yang kurang mendapatkan perhatian, baik dari sisi hukum maupun ekonomi. “Oleh karenanya kami hadir di tengah-tengah masyarakat untuk mengadvokasi kepentingan masyarakat sipil dan membela hak-hak mereka,” jelas pentolan DPC LSM Harimau Bogor Raya.

LSM Harimau bertujuan untuk menjadi suara bagi masyarakat dalam proses pengambilan keputusan. Organisasi ini berperan dalam memperjuangkan perubahan kebijakan yang lebih berpihak kepada kepentingan masyarakat. “Kami akan fokus pada advokasi dan pembelaan hak-hak masyarakat,” tambahnya.

BACA JUGA:  Menag Ingatkan Masyarakat: Hanya Visa Haji dan Mujammalah yang Berlaku untuk Ibadah Haji

Untuk mewujudkan tujuannya, LSM Harimau menerapkan pendekatan partisipatif dalam pengambilan keputusan dan implementasi program-programnya. Pendekatan ini memungkinkan masyarakat untuk berperan aktif dalam proses pembangunan dan pengambilan keputusan yang berdampak pada kehidupan mereka. “Oleh karenanya, PAC Gunung Sindur dibentuk untuk mengakomodasi dan memperkuat peran serta masyarakat dalam proses tersebut,” ungkap Reno Guandi.

Selain pembentukan PAC di Gunung Sindur, DPC LSM Harimau Bogor Raya juga merencanakan untuk membentuk PAC di 40 kecamatan lainnya di Kabupaten Bogor serta di 6 kecamatan di Kota Bogor dalam waktu dekat. Langkah ini diambil untuk memperluas jangkauan dan dampak positif LSM Harimau di seluruh wilayah Bogor Raya.

LSM Harimau, sebuah organisasi yang dikenal luas atas kepeduliannya terhadap kesejahteraan sosial masyarakat, terus menunjukkan komitmennya dalam mengawal dan memperjuangkan kepentingan masyarakat. Dengan tujuan yang jelas dan karakteristik yang kuat, LSM Harimau berperan penting sebagai mitra konstruktif bagi pemerintah dalam membangun kebijakan yang lebih inklusif dan berkeadilan.

BACA JUGA:  Peresmian Kantor SBSI Solidaritas Simalungun Bawah: Membangun Kebersamaan dan Memperkuat Nasib Buruh

Dalam pertemuan yang diadakan baru-baru ini, Dewan Pertimbangan LSM Harimau, M. Yunus, menegaskan pentingnya menjaga marwah dan martabat organisasi. Ia juga mengingatkan bahwa dalam waktu dekat, masyarakat Bogor akan memilih kepala daerah untuk Kabupaten Bogor.

“Tidak boleh salah dalam menentukan pemimpin untuk menjadi nahkoda Kabupaten Bogor. Saya berharap ke depan, apa yang menjadi kebanggaan kita, H. Jaro Ade, dapat memimpin Kabupaten Bogor dan bisa membangun Kabupaten Bogor,” ungkapnya.

Selanjutnya, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) LSM Harimau menyatakan siap mendukung terbentuknya PAC Gunung Sindur. Moch Rizal Trianto, S.H., bersama timnya, berkomitmen memberikan supremasi hukum untuk membantu masyarakat menyelesaikan persoalan-persoalan yang selama ini belum terselesaikan.

BACA JUGA:  Percepat Penyusunan RTR Guna Mendukung Kemampuan Kompetitif bagi Peningkatan Iklim Investasi Daerah

“Melalui LSM Harimau PAC Gunung Sindur, saya berharap agar masyarakat jangan pernah sungkan untuk menyampaikan persoalannya atau masalah yang dihadapi,” kata Moch Rizal Trianto.

Sementara itu, Wakil Ketua DPC Bogor, Bayu Hasan, S.H., memberikan tanggapan positif atas terbentuknya PAC Gunung Sindur. Ia menyatakan rasa bangga dan senangnya melihat perkembangan pesat LSM Harimau.

“Kita dapat melihat bahwa masyarakat begitu antusias dengan hadirnya LSM Harimau di tengah-tengah masyarakat Bogor. Oleh karenanya, PAC Gunung Sindur harus dapat menjalankan fungsinya serta tugasnya sesuai dengan visi dan misi yang telah tertuang dalam AD-ART kita,” pungkasnya.

Pos terkait