Mahasiswa UGM Rancang Robot Disinfeksi Untuk Perhotelan

Mahasiswa UGM Rancang Robot Disinfeksi Untuk Perhotelan

DEPOK POS – Mahasiswa Teknik Fisika UGM merancang pembuatan robot berbasis kecerdasan buatan untuk membantu memudahkan proses disinfeksi di sektor perhotelan.

Gagasan ini muncul dari pemikiran Billie Adrian, mahasiswa Teknik Fisika UGM. Ia berhasil meraih juara 1 dalam Airlangga Hospitality Competition 2022 berkat idenya mengusung karya tulis ilmiah berjudul Implementasi Teknologi AMR (Autonomous Mobile Robot) Disinfeksi Berbasis Kecerdasan Buatan dalam Meningkatkan Tingkat Higienis dan Sanitasi Industri Perhotelan.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:  Mahasiswa KKN UGM Mengajarkan Tarian Tradisional Nusantara ke Anak-anak Konawe Selatan

Billie mengatakan ide pengembangan robot tersebut berawal dari masih jarangnya pemanfaatan robot berbasis kecerdasan buatan dalam meningkatkan tingkat higienitas dan sanitasi hotel di Indonesia. Oleh karena itu, ia berpikir melakukan inovasi autonomous mobile robot agar nantinya dapat diaplikasikan secara nyata di industri perhotelan Indonesia untuk meningkatkan rasa aman dan nyaman dari tamu hotel.

“Ide tersebut karena saya melihat masih kurangnya pemanfaatan teknologi di sektor perhotelan yang dapat membuat rasa aman dan nyaman bagi tamu hotel,”jelasnya.

BACA JUGA:  Kompetisi TechConnect Hackathon #3 di UGM Jaring Talenta TI Andal

Ia menjelaskan model robot yang dikembangkan memiliki dua bagian yaitu bagian mobile (autonomous moving platform) dan bagian disinfeksi (disinfection module). Bagian mobile berfungsi untuk membawa AMR menuju lokasi yang telah ditentukan menggunakan sistem navigasi yang telah dirancang menggunakan sebuah perangkat lunak pada AMR. Setelah bagian mobile membawa tubuh robot menuju tempat yang dituju, lalu bagian disinfeksi akan bekerja dengan menyemprotkan senyawa hidrogen peroksida pada objek yang sudah dituju menggunakan sensor. Setelah selesai, AMR akan berpatroli sesuai dengan denah lokasi hotel yang sudah ditanamkan dalam sistem navigasi AMR.

BACA JUGA:  Mahasiswa UI Rancang Kapal Penangkap Ikan dengan Hybrid Engine

“Fungsi utama dari pemanfaatan ini tentunya adalah mengurangi tingkat transmisi penyebaran virus dalam hotel dimana Indonesia telah memasuki masa post-pandemic recovery dan dibutuhkan teknologi yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi tamu hotel terutama dalam bidang kesehatan,”paparnya.

Ia berharap nantinya, gagasan robot disinfeksi ini bisa dikembangkan lebih lanjut dan bisa diaplikasikan secara nyata. Dengan begitu bisa memberikan manfaat yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

Penulis: Ika

Pos terkait