Mahasiswa UI Raih Perak di Kejuaraan Taekwondo 2023

DEPOKPOS – Selain berprestasi secara akademis, mahasiswa UI juga mengumpulkan berbagai gelar juara di berbagai kompetisi olah raga. Salah seorang diantaranya adalah I Putu Surya Putra Atmaja, mahasiswa Program Studi Terapi Okupasi, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI). “Saya sangat senang, karena sudah berjuang sejak semester pertama hingga sekarang, akhirnya bisa membawa nama UI ke jenjang nasional untuk cabang olahraga taekwondo,” ujar mahasiswa yang juga merupakan anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Taekwondo UI ini.

I Putu Surya mendapat medali perak pada Kejuaraan Dewan Guru Taekwondo Indonesia (DGTI) Taekwondo Championship 2023 pada akhir Mei 2023. Kejuaraan tingkat nasional tersebut memperebutkan Piala Kemenpora di GOR Ciracas, Jakarta Timur, yang diikuti lebih dari 800 peserta dari seluruh Indonesia. Pada kompetisi ini, Putu memenangkan juara kedua untuk kategori Kyorugi Senior Putra Under 67kg.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:  Mitra Kampus Merdeka Ajak Mahasiswa Terjun ke Green Job

Ia sudah terjun ke taekwondo sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Bagi Putu, olahraga taekwondo sangat menarik dan mudah dipelajari, seperti tendangan, pukulan, dan jurus yang berguna bagi fisik maupun bela diri. Sejak bergabung dalam UKM Taekwondo UI, Putu terus mengasah kemampuannya dan menjadikan taekwondo sebagai wadah baginya untuk mengharumkan nama UI.

BACA JUGA:  Penerimaan Mahasiswa Baru UGM Jalur Prestasi Dibuka Hingga 12 April

Ia juga berharap agar bidang olahraga taekwondo semakin berkembang, maju, dan diminati banyak masyarakat. Selain itu, Putu juga terus berusaha untuk membawa nama Taekwondo UI maju dan berkembang, tidak hanya di tingkat kampus, melainkan juga pada tingkat nasional dan internasional.

Sebagai mahasiswa Terapi Okupasi Vokasi UI, Putu mengatakan bahwa pembelajaran praktik di laboratorium yang padat menjadi salah satu tantangan baginya dalam membagi waktu dengan latihan taekwondo. “Dalam seminggu, saya bisa latihan sebanyak tiga kali di Pusat Kegiatan Mahasiswa (Pusgiwa) UI. Saat menjelang kompetisi, saya memfokuskan diri selama sebulan penuh dengan berlatih tekun dan menjaga pola makan. Meskipun begitu, hal tersebut tidak mengganggu waktu perkuliahan saya. Justru kedua kegiatan tersebut membuat saya dapat belajar membagi waktu dan mengatur prioritas dengan baik,” ujar Putu.

BACA JUGA:  Mahasiswa UI Raih Medali Emas dan Perunggu di Kejurnas Balap Sepatu Roda

Direktur Program Pendidikan Vokasi UI, Padang Wicaksono, S.E., Ph.D, menyampaikan rasa bangganya atas prestasi Putu pada 19-21 Mei 2023 lalu. “Semoga Putu dapat terus mengembangkan kemampuannya dan berhasil membawa nama UI ke tingkat yang lebih tinggi.”

Pos terkait