Mahasiswa UI Tembus Posisi 5 Kejurnas Slalom U-23

DEPOKPOS –  drg. Aryaditha Yunial, dari Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Indonesia (UI) menyelaraskan pendidikan akademik sejalan dengan hobi di bidang otomotif. Mahasiswa Program Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) ini berhasil menempatkan diri dalam lima besar (Top 5) kategori Veteran pada ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Slalom U-23 tahun 2023, yang diselenggarakan di Edutown Arena BSD City, Tangerang, Banten, pada Minggu (2/7).

Balap mobil bertaraf nasional ini diikuti 87 starter atau peserta dengan kategori kejuaraan, yaitu Rookies, Beginner, Expert, Veteran dan klasifikasi A, B, F. Pada tahun ini, gelaran tersebut akan berlangsung sebanyak tiga seri. Seri pertama di Tangerang yang sudah terlaksana, lalu dilanjutkan dengan seri kedua pada 17 September 2023 di Samarinda, Kalimantan Timur. Sebagai penutup, seri ketiga akan berlangsung di Tangerang, Banten pada 12 November 2023.

BACA JUGA:  Semarak Opening Ceremony The 18th ASEAN and 8th ASEAN+3 Youth Cultural Forum di Balairung UI

Arya bersyukur atas pencapaian masuk Top 5 tersebut, karena mengingat persaingan tahun ini sangat sengit. Kejuaraan nasional ini diikuti para starter profesional dari berbagai daerah di Indonesia, yang sudah berpengalaman di multiarena pertandingan. “Selain itu, adaptasi perlintasan rute yang berliku menjadikan peserta harus berhati-hati agar tidak terkena penalti saat melintasi titik-titik rawan pelanggaran,” katanya.

Berbeda dari kompetisi balap mobil lainnya, format pertandingan yang diterapkan adalah ketangkasan kecepatan melalui rute yang telah ditentukan, dengan waktu tiba tercepat di garis finish. Jika ada peserta yang salah jalan dan menyenggol cone yang terjatuh, maka* peserta akan terkena penalti waktu 2 detik per-cone yang jatuh. Itu sebabnya diperlukan konsentrasi yang tinggi dari para starter. Selain itu, rute yang rumit, menjadikan tantangan tersendiri agar lolos melintas tanpa hambatan.

BACA JUGA:  Vokasi UI Adakan Lokakarya Perfilman

Dekan FKG UI, Dr. drg. Nia Ayu Ismaniati, MDSc., Sp.Ort(K)., mengucapkan selamat atas prestasi yang telah berhasil diraih drg. Aryaditha. “Selamat drg. Arya. Ini prestasi yang luar biasa karena sebagai seorang dokter gigi yang sedang menempuh studi Spesialis Bedah Mulut dan Maksilofasial tentunya bukan hal yang mudah untuk mengatur waktu antara menyalurkan hobi dengan kompleksnya jadwal akademik yang harus ditempuh. Namun, berkat dorongan semangat dan motivasi yang kuat, mampu menjadikan keduanya sebagai prioritas. Semoga ke depan prestasi dapat terus ditingkatkan. Terima kasih sudah mengharumkan nama FKG UI di tingkat nasional,” ujar Dr. drg. Nia.

BACA JUGA:  Pakar UGM Ungkap Alasan Gorengan Tak Baik Untuk Buka Puasa

Kejuaraan Nasional Slalom U-23 diselenggarakan oleh Sarana Muda Nusantara guna memberikan ruang bagi anak muda Indonesia untuk mengasah keterampilan dan mental dalam adu ketangkasan mengemudi. Selain itu, kegiatan ini sebagai pemantik untuk menghidupkan regenerasi di ajang balap slalom.

Pos terkait