Maju Sebagai Caleg Adalah Panggilan Nurani Dengan Orientasi Gerakan Perjuangan Kepentingan Orang Banyak

MJ, Jakarta – Di usianya yang masih muda namun pengalamannya diberbagai organisasi tidak diragukan lagi. Diantaranya Ketua Yayasan Alhikam cinta Indonesia, Wasek DPD PSI Kota Mando, kepala sekolah SMA Al -Hikam Tumbak Minahasa Tenggara.

Selain itu dirinya juga pengajar Dosen IAIN Manado 2016-2018 dan Komisioner Bawaslu Mando 2018-2023. Berangkat dari sanalah Taufik Bilfaqih anak muda kelahiran Mando 16 maret 1986 mau bergabung di Partai Solidaritas Indonesia untuk maju sebagai Caleg Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Dapil Tikala Paaldua-Manado No. Urut 1.

Anak pasangan Alm Habib Muhsin Bilfaqih dan Hj. Rosma Baba. Berdomisili di jalan Cendrawasih Link II Malendeng Paaldua Kota Manado mengatakan, sebelumnya dirinya masih aktif sebagai komisioner Bawaslu Kita Manado.

“Saya menyatakan berhenti di saat menjabat dan langsung bergabung bersama PSI. Alasan utamanya adalah karena memang syarat untuk menjadi caleg wajib mundur sebagai penyelenggara pemilu,” ucap Taufik kepada Majalahjakarta.id Rabu (6/12/2023).

BACA JUGA:  Banjir Bandang Mengguncang Grobogan, Jawa Tengah : Evakuasi Warga Dilakukan dengan Cepat

Yang mendasari lulusan S2 di UNSRATMando ini maju sebagai calon legislatif yakni panggilan nurani. Ini pun juga dikuatkan dengan orientasi gerakan yang selama ini fokus pada perjuangan kepentingan orang banyak, baik karena sebagai ketua yayasan dibidang sosial, sebagai dosen dan guru serta sebagai aktivis sosial, urainya.

Bagi Taufik yang pernah menjadi kepala sekolah SMA Al -Hikam Tumbak Minahasa Tenggara, untuk mengimplementasikan perjuangan ini, maka menjadi wakil rakyat adalah cara dan jalan yang saya anggap tepat, tegas Mahasiswa Studi Akhir Program Doktor S3 di UNIMA.

Sebagai Putra Daerah yang lahir di Manado Taufik sejak awal selalu fokus pada kerja-kerja sosial dan pendidikan. Membangun jaringan antar komunitas dengan konsisten menjaga integritas. Maka agenda perubahan terkait kebijakan yang pro terhadap kepentingan semua golongan adalah misi yang akan diperjuangkan Taufik.

BACA JUGA:  Kapolres Pematangsiantar Monitoring Pengamanan TPS Puncak Pemilu 2024

Kata Taufik menerangkan, bahwa saat ini di Manado, pemerintah lebih cenderung melakukan pendekatan pembangunan berbasis infrastruktur ketimbang pembangunan sosial, pendidikan dan ekonomi. Warga Manado akhirnya masuk kategori penduduk yang tak sedikit dengan keberadaan warga miskin absolut dan bahkan miskin ekstrim.

“Parahnya lagi pelayanan kesehatan yang tergolong sangat jauh dari harapan. Maka menjadi wakil rakyat yang pekak terhadap isu-isu tersebut menjadi sangat penting untuk diperjuangkan,” tegasnya.

Sementara disisi sektor pendidikan, lanjut Taufik, Kota Manado tergolong banyak problem. Lembaga-lembaga pendidikan tak sedikit yang masih melakukan tindakan merugikan dan membebani rakyat dengan tagihan-tagihan yang seharusnya tak perlu terjadi. Hal ini menyebabkan banyak peserta didik yang akhirnya berhenti sekolah, hingga membuka lebar pengangguran.

BACA JUGA:  Bhabinkamtibmas Nagahuta Selesaikan Masalah Penganiayaan Melalui Problem Solving

“Parahnya lagi, para pengajar sering mengambil jalan pintas untuk “pungli” terhadap peserta didik disebabkan kebutuhan ekonomi yang sangat kurang. Artinya, situasi seperti ini harus mendapat perhatian serius dari pemerintah melalui kontrol kerja dari anggota parlemen,”pintanya.

Berangkat dari sanalah Taufik menjadi caleg dari PSI adalah bentuk ketegasan dalam rangka melakukan perubahan. Menurut Dia, Partai anak muda yang kreatif dan inovatif akan menjadi modal bagi dirinya menggalang kekuatan agar dapat bekerja secara sungguh-sungguh dalam rangka mengawasi jalannya pemerintahan.

“Setidaknya dari semua problem rakyat Saya akan mendirikan rumah solidaritas dan aplikasi solidaritas serta turun ke lapangan untuk mengawal semua kepentingan rakyat agar yang di cita-citakan dapat terwujud melalui kontrol public, pungkasnya.

Pos terkait