Manfaat Daun Saga yang Jarang Diketahui

Manfaat Daun Saga yang Jarang Diketahui

 

Kita mungkin masih banyak yang asing dengan Abrus Precatorius atau daun saga. Daun saga memiliki banyak manfaat untuk Kesehatan khususnya untuk obat batuk. Sudah banyak produsen produk kesehatan menuliskan bahwa produk yang mereka produksi mengandung daun saga. Daun saga memiliki bentuk daun yang mirip dengan daun kelor berbentuk majemuk dan banyak, tanaman ini juga memiliki buah polong berwarna merah dengan bintik hitam, dan bunga berwarna ungu muda. Daun saga merupakan tumbuhan liar yang dapat tumbuh subur di daerah tropis.

Mari kita ketahui manfaat daun saga, sebagai berikut :

Meredekan Batuk

Seperti yang banyak orang ketahui bahwa daun saga dapat meredakan batuk karena sifat antitusifnya yang bisa membantu meredakan batuk dengan cara menghambat daerah koordinasi bagian batang otak, lalu mengubah refleks batuk. Kandungan ekspektoran dalam daun saga juga bisa membantu menghilangkan dahak atau kelebihan mukus dari saluran pernapasan, sehingga bisa membantu meredakan batuk.

BACA JUGA:  Manfaat Tanaman di Indonesia sebagai Obat- Obatan Tradisional

Untuk mengobati batuk dan pilek, Anda bisa meminum air rebusan daun saga atau membuat teh dari daun tersebut. Teh daun saga juga dapat membantu menurunkan demam karena sifat antipiretiknya. Selain rasanya yang manis, minum teh herbal juga dapat menghangatkan tubuh dan memperlancar pernapasan.

Mencegah Diabetes dan Kanker

Karena mengandung antioksidan, daun saga bisa memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Sudah lama diketahui bahwa antioksidan dapat melawan radikal bebas dalam tubuh yang biasanya menyebabkan kanker dan diabetes.

Mengobati Sariawan

Sariawan adalah masalah kesehatan umum yang mengganggu. Bagaimana tidak, sariawan di mulut ini bisa terasa perih saat makan dan dapat mengganggu saat berbicara. Nah, daun saga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan sariawan.

BACA JUGA:  Program Pencegahan HIV Pada Remaja di Negara Berkembang, Bagaimana dengan di Indonesia ?

Berikut cara menggunakan daun saga untuk mengobati sariawan Ambil daun saga yang sudah dikeringkan di bawah sinar matahari. Kunyah daunnya, tapi jangan ditelan. Selain itu, Anda juga bisa membuat obat kumur alami dengan air rebusan daun saga. Rebus 10 gram daun saga dengan 1/2 liter air sampai mendidih. Saring dan gunakan air rebusan 2-3 kali sehari.

Meredakan Panas Dalam

Seperti sariawan, sakit maag tidak tergolong masalah kesehatan yang serius. Namun jika Anda pernah mengalami hal ini, pasti akan terasa aneh bukan? Untuk meredakan sakit maag, ambil 10 sampai 15 lembar daun sage lalu cuci bersih. Rebus daun saga dalam 2 gelas air dan ambil separuh airnya. Dinginkan dan saring sebelum diminum.

BACA JUGA:  Benarkah Kaum Rebahan Berisiko Terkena Diabetes dan Penyakit Jantung?

Meningkatkan Nafsu Makan

Anda juga bisa mengandalkan manfaat daun saga untuk meningkatkan nafsu makan. Daun saga mengandung vitamin B yang berfungsi membantu menambah nafsu makan.

Mengatasi Sakit Perut

Daun saga juga digunakan dalam pengobatan tradisional Afrika Timur untuk
mengobati sakit perut. Selain itu, manfaat daun saga juga dapat mengobati diare karena sifat antioksidan dan antibakterinya. Cara penggunaannya adalah dengan merebus daun dan batangnya dengan air hingga mendidih lalu diminum untuk meredakan diare.

Adinda Putri Zuleika, mahasiswa prodi farmasi Universitas Binawan

Pos terkait