Manfaat Menggunakan Bank Syari’ah Dibandingkan Bank Konvesional

DEPOKPOS – Bank syariah merupakan bank yang sistem perbankannya dijalankan sesuai dengan prinsip-prinsip Islam. Perjanjian yang terjalin antara nasabah dan pihak bank juga harus sesuai dengan syarat dan rukun akad sebagaimana terdapat dalam syariah Islam.

Dalam perbankan syariah, tidak hanya seseorang yang beragama Islam saja yang dapat menabung di bank syariah. Hal ini karena dalam menjalankan kegiatannya, bank syariah menerapkan nilai-nilai atau konsep dasar universal yaitu asas kebebasan, asas kesetaraan, asas keadilan, asas kerelaan, asas kejujuran dan asas kebenaran.

Bank syari’ah dan bank konvesional memiliki perbedaan perbedaan utamanya terletak pada dasar dasar yang digunakan dalam sistemnya. Pada bank konvensional, tabungan yang ditabung oleh nasabah akan dikelola oleh bank untuk kemudian mendapatkan keuntungan sesuai dengan prinsip ekonomi perbankan umum. Sedangkan pada bank syariah tiap transaksi keuangan harus dijalankan sesuai dengan prinsip syariah Islam sebagai dasar pelaksanaan kegiatan perbankan.

BACA JUGA:  E-wallet sebagai Media Promosi dalam Bisnis Online

Bank konvensional memberikan keuntungan atas dana yang disimpan nasabah berupa bunga. Pemberian bunga ini telah ditentukan besarannya sedari awal, sehingga nasabah mengetahui berapa keuntungan yang akan diperoleh dalam jangka waktu tertentu. Sedangkan dalam bank syariah tidak terdapat pemberian bunga melainkan bagi hasil.Pada bank konvensional, bunga yang diberikan kepada nasabah tidak terpengaruh oleh situasi ekonomi yang dihadapi bank penyelenggara tabungan. Sedangkan dalam bank syariah, pemberian bagi hasil besarannya bersifat fluktuatif karena dipengaruhi oleh kondisi bank, sehingga bagi hasil yang didapat oleh nasabah tidak menentu.

Setelah diketahui perbedaan dari bank syari’ah berikut adalah manfaat yang bida kita ambil jika kita memilih menjadi nasabah dan bank syari’ah sebagai media pengelola keuangan kita diantaranya adalah :

BACA JUGA:  Orang Tua adalah Rumah bagi Anak

1. Menggunakan sistem bagi hasil bukan bunga. Jika dalam bank konvensional diterapkan sistem bunga, maka dalam bank syariah diterapkan sistem bagi hasil. Artinya, keuntungan yang didapat untuk akan nasabah dihitung berdasarkan pendapatan yang telah diperoleh bank. Jadi, jika pendapatan bank meningkat, maka akan semakin besar pula bagi hasil yang akan didapatkan oleh nasabah. Hal ini berbeda dari sistem bunga bank yang sifatnya tetap. Selain itu, bagi hasil ini dapat menghindarkan nasabah dari riba.

2. Adanya produk yang tidak tersedia di bank konvensional. Salah satu keuntungan menabung di bank syariah adalah adanya produk-produk menarik yang tidak tersedia di bank konvensional, misalnya tabungan haji dan umrah, tabungan kurban, wakaf, hingga deposito syariah. Hal tersebut tentunya menjadi keuntungan yang perlu dijadikan pertimbangan.

BACA JUGA:  Implementasi Manajemen Risiko Dalam Menghadapi Bonus Demografi

3. Bebas biaya administrasi
Berbeda dengan bank konvensional, pada bank syariah kamu tidak perlu khawatir terbebani dengan biaya administrasi bulanan. Dalam tabungan syariah, tidak terdapat biaya administrasi yang dibebankan kepada para nasabah. Hal tersebut tentunya menjadi poin tambahan untuk menabung di bank syariah, karena jumlah tabungan kita tidak akan berkurang karena beban biaya administrasi

4. Terjamin oleh LPS (Lembaga Penjaminan Simpanan). Dana simpanan nasabah yang menabung di bank syariah telah dipastikan terjamin keamanannya oleh Lembaga Penjaminan Simpanan atau LPS. Baik berupa tabungan, deposito, giro maupun seluruh kegiatan perbankan lainnya akan terjamin keamanannya oleh LPS. Dengan begitu kita tidak perlu khawatir jika suatu saat mengalami masalah tertentu.

Vella Taqiya

Pos terkait