Manfaat Tanaman di Indonesia sebagai Obat- Obatan Tradisional

Manfaat Tanaman di Indonesia sebagai Obat- Obatan Tradisional

Penggunaan tanaman sebagai obat dapat dilakukan dengan cara diminum, dihirup, dan ditempelkan pada bagian yang luka.

DEPOK POS – Tanaman adalah tumbuhan yang dapat hidup di lingkungan apapun seperti rumah, kebun dan hutan. Tanaman dapat digunakan sebagai sumber daya makanan, pakaian, dan juga obat-obatan. Dalam kehidupan sehari-hari tanaman dapat digunakan sebagai obat untuk segala macam penyakit. Penggunaan tanaman sebagai obat sudah ada sejak dulukala. Cara penggunaan tanaman sebagai obat dapat dilakukan dengan cara diminum, dihirup, dan ditempelkan pada bagian yang luka.

Di zaman ini sudah banyak macam bentuk pengolahan tanaman sebagai obat yang dapat di beli dimana saja seperti toko jamu atau toko obat herbal. Jamu adalah obat herbal asli dari Indonesia, yang diracik dengan bahan-bahan alami untuk imunitas tubuh dan dapat mengobati penyakit. Bahan yang digunakan cukup mudah ditemukan di lingkungan seperti daun, rimpang, batang, buah, bunga dan kulit kayu.

BACA JUGA:  Diet DASH Menurunkan Tekanan Darah, Emang Bisa?

Ada banyak contoh tanaman yang dapat digunakan sebagai obat tradisional

⦁ Buah Adasmanis (Anisi Fructus)

Buah adasmanis ialah jenis rempah yang digunakan sebagai obat mulas, obat batuk, sembelit, dan kejang-kejang.

⦁ Biji Labu Merah (Curcubitae Semen)

Biji labu merah dapat digunakan untuk obat anti cacing pita, biji labu merah juga kaya akan zinc yang baik untuk imunitas, serta dapat digunakan untuk mengurangi berat badan.

BACA JUGA:  Emotional Eating: Pengaruh Stres terhadap Perilaku Makan Mahasiswa

⦁ Bunga Cengkeh (Caryophylli Flos)

Cengkeh dapat bermanfaat sebagai pereda rasa sakit gigi, menghilangkan kelelahan, mengatasi mual dan muntah, serta obat mulas.

⦁ Bunga Rosella (Hisbisci Sabdariffae Flos)

Kegunaan bunga rosella ialah untuk menurunkan tekanan darah, mengurangi gejala batuk, mengurangi kekentalan darah, serta mencegah obesitas.

⦁ Kencur (Kaempferiae Rhizoma)

Kencur biasa di gunakan sebagai jamu, manfaat dari kencur adalah mengatasi demam, meredakan batuk dan pilek, mencegah kanker, serta menurunkan tekanan darah.

⦁ Kayu Manis (Cinnamomi Cortex)

BACA JUGA:  Mengenal Manfaat Sambiloto

Kayumanis biasa digunakan untuk penghangat lambung, sumber antioksidan yang dapat mencegah berbagai penyakit berbahaya, meredakan sakit jantung, rematik, dan menjadi obat untuk penyakit infeksi saluran pernapasan.

Masih banyak tanaman yang dapat di gunakan sebagai obat tradisional di Indonesia yang dapat kita temukan di lingkungan sekitar. Namun sama seperti obat kimia, obat tradisional juga memiliki efek samping seperti, mual, reaksi alergi, diare, muntah, bahkan batu ginjal akibat pengendapan yang terjadi di ginjal. Efek samping itu dapat terjadi karena konsumsi jamu dalam jangka waktu yang panjang.

Viviana Citra Fadhilah
Mahasiswa Universitas Binawan Program Studi Farmasi

Pos terkait