Manfaat Tanaman Kelor untuk Kesehatan

Manfaat Tanaman Kelor untuk Kesehatan

Moringa oliefera atau biasa dikenal dengan kelor merupakan jenis tanaman obat lokal India yang sudah tidak asing lagi di negara tropis dan subtropis. Nama lain yang digunakan tanaman kelor adalah pohon lobak, mulangay, mlonge, benzolive, pohon stik drum, sajna, saijihan, dan marango. Kelor termasuk jenis tanaman yang tergolong sebagai sayuran dan tanaman obat. Potensi pengembangan kelor di Indonesia cukup luas karena tanaman ini mudah untuk dibudidayakan.

Berbagai manfaat tanaman kelor mulai dikenal oleh banyak masyarakat. Tanaman kelor termasuk jenis tanaman yang mudah diolah sehingga masyarakat bisa mengembangkan tanaman kelor untuk di konsumsi sehari-hari. Bahkan tanaman kelor memenuhi kebutuhan ekspor produk yang terus meningkat. Hal ini karena semakin tinggi kesadaran masyarakat dalam pemanfaatan tanaman kelor yang bukan hanya dikonsumsi sebagai sayuran saja kini bisa dijadikan sebagai produk yang mempunyai nilai tambah.

BACA JUGA:  Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

Tanaman kelor yang mudah di kembangkan bisa menjadi sebagai tanaman penghijauan. Dalam upaya untuk melestarikan lingkungan bisa dimulai dengan menanam tanaman yang memiliki manfaat seperti tanaman kelor. Tanaman kelor ini bisa digunakan sebagai tanaman penghijauan, sebagai pembatas atau ladang.

Daun kelor mengandung vitamin B6 dan B2. Dalam 100 gram daun kelor segar, kandungan vitamin C dari daun kelor mencapai 157% dari kebutuhan gizi dalam sehari. Dengan kandung nutrisi yang mencukupi, daun kelor menjadi pilihan sebagai pangan sehat. Bahkan di Afrika, daun kelor digunakan sebagai makanan sehari-hari untuk mengatasi malnutrisi pada anak. Selain mengatasi malnutrisi pada anak, daun kelor juga mengandung protein, lemak, vitamin A, thiamin (vitamin B1), niacin (vitamin B3), kalsium, karbohidrat, tembaga, serat, zat besi, magnesium, dan fosfor. Dengan mengkonsumsi daun kelor dapat meningkatkan air susu ibu dari penghasilan air susu ibu sebanyak 71,4% menjadi sebanyak 92,9%.

BACA JUGA:  Indonesia Darurat Sampah Makanan? Ketahui Dampak dan Cara Pencegahannya!

Tanaman kelor juga dikenal dengan tanaman herbal yang bermanfaat untuk:

Menurunkan gula darah
Daun kelor berkhasiat baik untuk mencegah terjadinya diabetes.
Mengatasi peradangan
Memelihara kesehatan
Kandungan antioksida yang terdapat dalam daun kelor berfungsi menurunkan penyakit alzheimer dan penyakit parkinson.
Menghambat pertumbuhan sel kanker
Kandungan antioksida yang terdapat dalam daun kelor berfungsi untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.
Meningkatkan daya tahan tubuh
Ekstrak yang terkandung dalam daun kelor dapat melindungi tubuh dari berbagai jenis kuman.

BACA JUGA:  Mentimun untuk Penderita Hipertensi, Apa Saja Manfaatnya?

Ainun Fauziah
Mahasiswi Universitas Binawan

Pos terkait