Mau Jual Motor Bekas dengan Harga Tinggi? Ini Tipsnya!

DEPOKPOS – Banyak orang lebih memilih membeli motor bekas dengan pertimbangan tak cukup dana untuk membeli motor baru, sementara untuk kredit juga masih mempertimbangkan kemampuan membayar cicilan bulanan.

Kondisi inilah yang membuat peminat pasar motor bekas masih cukup tinggi.

Berikut tips agar harga motor bekas Anda tetap tinggi saat anda menjualnya kembali:

Servis berkala

Konsumen dan pedagang motor bekas akan sangat jeli dalam melihat rekam jejak servis, khususnya untuk perawatan berkala seperti penggantian oli, filter oli, busi, dan beragam part yang rutin harus diganti.

BACA JUGA:  Sosok New Nissan Livina Terungkap, Apa Kata NMI?

Catatan ini menjadi dasar mengetahui kualitas produk yang dijual, karakter pemilik hingga jaminan kualitas khususnya bagian mesin.

Ini menjadi salah satu faktor utama penentu harga jual sekaligus menjelaskan secara pasti karakter pemilik terhadap unit yang ditawarkan.

Jika Anda memiliki rencana untuk menjual motor Anda setelah pemakaian beberapa tahun, pastikan kebersihan serta kelayakan motor secara keseluruhan.

Kebersihan menjadi indikator karakter pemilik gunakan motor itu terdahulu. Gaya berkendara dan sikap peduli pemilik juga diperlukan untuk menjaga kondisi tetap baik dan memiliki nilai jual kembali yang tinggi.

BACA JUGA:  Casion Bakal Bangun 300 SPKLU di Jabodetabek pada 2023

Simpan motor dengan benar

Secara simpel dapat dipahami, pemilik yang biasa memarkir atau meletakkan motor di dalam dan luar ruangan akan terlihat perbedaan untuk periode beberapa waktu.

Logikanya, motor dengan tingkat paparan matahari dan hujan yang tinggi dipastikan akan memiliki perbedaan atau penurunan kualitas dengan motor yang lebih banyak terlindung dari paparan dua hal itu.

Motor yang disimpan dengan lokasi yang tepat dan perlakuan yang benar pastinya akan menambah umur kualitas, khususnya part bagian body atau rangka.

Jaminan mutu

Faktor penentu harga jual mor bekas dapat ditentukan lewat jaminan mutunya. Ketersediaan spare part dan bengkel resmi juga menjadi faktor penentu pasaran motor bekas.

BACA JUGA:  ExxonMobil & Red Bull KTM Factory Racing Umumkan Kemitraan Pelumas dan Bahan Bakar MotoGP

Kondisi surat-surat

Faktor terakhir yang menentukan harga jual motor bekas adalah kondisi surat-surat. Kepatuhan pemilik kendaraan terhadap surat serta izin kendaraan yang teregistrasi di kepolisian adalah salah satu penentu harga jual motor.

Kepatuhan menjaga kelengkapan surat, pembayaran pajak ini juga mempengaruhi harga jual sebuah motor yang ditawarkan.

Motor bekas dengan kondisi surat lengkap dan taat pajak pastinya memiliki harga lebih baik dibandingkan yang tidak. []

Pos terkait