Media Sosial dalam Komunikasi Bisnis

Pekerja Jatuh dari Ketinggian 6 Meter, Kontraktor Proyek Rumah Pompa Dianggap Lalai

 

Komunikasi merupakan kebutuhan mendasar bagi individu untuk dapat mendapatkan atau memberikan informasi baik secara lisan ataupun tulisan. Komunikasi yang sangat amat penting seperti yang kerap kita temui saat ini, salah satunya yang tidak akan termakan zaman merupakan Media Komunikasi. Kehadiran internet sebagai Media komunikasi telah membuat dunia menjadi semakin mudah digenggam, karena hampir semua orang mempunyai perangkat komunikasi yang bisa digunakan untuk berbicara dengan orang
diseluruh dunia khususnya lewat Media sosial. Media sosial yang membolehkan orang ataupun komunitas berkumpul, memberi, berbicara, serta saling bekerja sama ataupun bermain. Kedatangan Media sosial merupakan dampak dari kemajuan teknologi dalam mengubah metode berbicara atau komunikasi dalam masyarakat dengan bermacam layanan yang bisa dipakai.

Salah satu banyaknya Media Sosial yang terdapat ialah Twitter, yang saat ini sedang menghadapi ekskalasi peminat sebab konten tidak biasa yang berbeda dari Media Sosial lainnnya. Twitter memiliki bentuk mikroblogging ataupun sejenis tempat blogging yang lebih sederhana yang khasiatnya dapat dioptimalkan cocok kebutuhan Media Komunikasi. Bisa jadi untuk orang yang tidak sangat memakai Twitter, Media Sosial ini serupa saja semacam Media Sosial lain, namun beda perihalnya dengan penggemar keadaan yang beraroma idol spesialnya K-POP, ketertarikan serta kegemaran yang serupa membuat penggemar K-POP lebih menggemari berhubungan di Twitter, salah satunya sebab kecekatan Data serta ketersediaan Konten. Interaksi yang tentunya dibarengi dengan ketertarikan yang sama tentu mendorong penggemar khususnya K-POP untuk lebih fokus kedalam suatu grup.

BACA JUGA:  Pentingnya Merawat Kesehatan Mental dalam Kehidupan Sehari-hari

Twitter adalah alat media sosial real time yang berkembang cukup pesat di era modern ini. Seiring berkembangnya Twitter, semakin banyak orang mengambil bagian dalam berbagi apa yang terjadi di seluruh penjuru dunia melalui berbagai aplikasi Twitter. Penggunaan Hashtag telah menjadi konvensi pemberian tag unik untuk membantu mengaitkan pesan Twitter dengan peristiwa atau konteks tertentu. Awalan oleh simbol # dengan kata kunci, tagar Twitter berfungsi sebagai konvensi pemberian tag yang diusulkan pengguna dari bawah ke atas. Ini juga mewujudkan partisipasi pengguna dalam proses inovasi hashtag, terutama yang berkaitan dengan tugas-tugas organisasi informasi. Difusi inovasi (DoI) adalah teori yang membantu
menjelaskan proses adopsi suatu inovasi dengan memodelkan seluruh siklus hidupnya sesuai dengan aspek komunikasi dan interaksi informasi manusia. Oleh karena itu, teori difusi menawarkan wawasan berharga tentang desain antarmuka yang mendukung penggunaan dan akses tagar Twitter. Ini juga membantu dalam mengevaluasi siklus hidup tagar dan dengan demikian menawarkan informasi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan, sehubungan dengan manajemen tagar.

BACA JUGA:  Membangun Masa Depan: Peran Penting Generasi Muda dalam Dunia Bisnis

Twitter adalah alat media sosial real-time yang berkembang cukup pesat di era modern ini. Seiring berkembangnya Twitter, semakin banyak orang mengambil bagian dalam berbagi apa yang terjadi di seluruh dunia melalui berbagai aplikasi Twitter.

Dalam fungsi Twitter sebagai media komunikasi, Twitter berfungsi sebagai media pemersatu para penggemar K-POP yang ada di seluruh Indonesia maupun negara lainnya untuk tempat atau wadah bagi mereka sebagai koneksi yang dapat terhubung satu sama lainnya dengan baik.

Berbicara mengenai K-POP, Korea Selatan pada sekarang ini diketahui sebagai salah satu dari kawasan di Asia yang telah berhasil memperkenalkan banyak hal baru kepada dunia, terutama di bidang elektronik, fashion, dan budaya populer. Salah satu bidang dengan perkembangan pesat dan membawa pengaruh besar ke banyak negara adalah budaya populer Korea dalam bentuk musik pop dan drama.

BACA JUGA:  5 Tips Public Speaking untuk Pemula

Musik pop Korea dikenal sebagai Pop Korea atau K-POP, sementara drama Korea disingkat menjadi K-Drama atau orang Indonesia menyebutnya Drakor yang berarti Drama Korea.

Selain itu, Twitter juga bisa sebagai wadah untuk berbisnis sacara online. Terdapat banyak cerita mengenai bisnis kecil yang berhasil meningkatkan investasi mereka yang relatif kecil dalam mengeluarkan biaya, karena maraknya  penggemar K-POP yang ingin memiliki merchandise yang berhubungan dengan idol mereka, para penggemar mampu mengeluarkan biaya yang tidak bisa dibilang kecil untuk membeli merchandise dari idolnya tersebut. Dan itu menjadi ladang untuk para masyarakat untuk membuat UMKM, kita juga bisa berkomunikasi dengan orang dari negara lain saat terjadi transaksi dalam pembelian suatu merchandise.

Maupun sebaik-baiknya media komunikasi, pasti mempunyai dampak negatifnya seperti kita menjadi kecanduan, maka dari kita harus bijak dalam menggunakannya.

IKA PUJI ASTUTI
PROGRAM STUDI AKUNTANSI
UNIVERSITAS  PAMULANG

Pos terkait