Membuat Komunikasi yang Efektif dalam Kehidupan Manajemen

 

Komunikasi adalah sama apa yang di sampaikan dengan apa yang di terima baik secara individu, dengan kelompok organisasi dan dalam masyarakat yang menciptakan, mengirimkan, dan menggunakan informasi untuk mengoordinasi lingkungannya dan orang lain. Selain itu Komunikasi sendiri didefenisikan sebagai salah satu penunjang yang paling penting untuk manajemen yang dapat diterapkan perusahaan dalam pembentukan tim dan mencapai kinerja yang berharga. Komunikasi dan manajemen yang saling melengkapi akan membawa pada bisnis yang kuat yang bisa diharapkan juga untuk mencapai kesuksesan Manajemen dan komunikasi adalah dua hal yang saling melengkapi dan menghadirkan skema pengelolaan serta penyampaian pesan informasi yang efektif, sehingga tercipta keharmonisan dalam komunikasi yang dilakukan agar mencapai pada sebuah kesusksesan yang diinginkan.

BACA JUGA:  Quarter Life Crisis, Ketika Ekspektasi Tidak Seindah Realita

Ada beberapa prinsip yang dapat menjadikan komunikasi berjalan dengan baik, diantaranya yang pertama memiliki tujuan dan strategi yang tepat, kedua komunikasi lebih dari sekedar “Pesan”, ketiga komunikasi selalu didasarkan pada konteks dan sosial budaya, lalu komunikasi dan tindakan harus sesuai Komunikasi dan tindakan harus sesuai, dan komunikasi adalah tanggung jawab manajemen yang besar serta adanya perkembangan media baru dapat meningkatkan komunikasi.

Wilbur Schramm dalam bukunya “How Communication Works?” menyatakan, alasan utama kita mempelajari proses komunikasi adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi itu mendapatkan efek dari komunikan, baik seorang atau sekelompok orang, disamping juga untuk mengetahui apakah feedback (umpan balik) dari komunikan itu sesuai dengan yang kita inginkan atau tidak. Untuk berkomunikasi secara efektif, kita perlu mengantisipasi bagaimana ‘pesan’ akan ditafsirkan dalam konteks. Kita harus mempertimbangkan makna yang akan ‘diambil’ dari sebuah perilaku. Pesan harus mudah dipahami oleh komunikan. Dalam menyampaikan pesan ini biasanya dipengaruhi oleh faktor semantis, yakni menyangkut penggunaan bahasa sebagai alat untuk menyalurkan pikiran dan perasaan komunikator kepada komunikan.

BACA JUGA:  Kebijakan Ekonomi pada Masa Umar bin Abdul Aziz

Komunikasi dipandang sebagai sentral elemen-elemen lainnya dalam kegiatan manajemen organisasi. Dampak potensial TIK pada struktur dan fungsi organisasi; penggunaan email sebagai saluran yang cepat dan efektif untuk melewati kemungkinan kekakuan dari hierarki organisasi; penggunaan teknologi dan Internet untuk mendistribusikan informasi baik di dalam maupun di luar organisasi; penerapan konferensi video untuk memungkinkan pertemuan yang ada akan lebih hemat dan efisisen, sebab pada umumnya jika dilakukan secara offline bisa memakan biaya yang mahal.

BACA JUGA:  Pentingnya Pemasaran Digital dalam Bisnis

Komunikasi yang efektif dapat dibangun dari diri sendiri, dan untuk mengembangkannya maka harus terus dicoba dengan berinteraksi dengan orang lain. Dalam manajemen komunikasi merupakan salah satu faktor penunjang bagi kesuksesan dan keberhasilan suatu program. Dengan adanya komunikasi yang efektif serta manajemen yang baik akan berurusan dengan kegiatan pengkoordinasian, perencanaan, pengorganisasiandan koordinasi tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, pengawasan dan pengendalian anggaran, serta penilaian sebagai hasil dari pekerjaan yang dilakukan. Fungsi-fungsi manajemen ini yang mendukung pekerjaan dalam organisasi adalah membawa sentuhan dinamismenya.

Penulis : NUR HIKMAH
MAHASISWI UNIVERSITAS PAMULANG
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
PRODI S1 AKUNTANSI

Pos terkait