Mengelola Hipertensi untuk Hidup Lebih Sehat

DEPOKPOS – Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan masalah kesehatan utama bagi orang-orang di seluruh dunia, dan meskipun dimulai sebagai kondisi yang sering diabaikan oleh kebanyakan orang yang berpikir mereka tidak akan mengeluh, namun sebenarnya menyebabkan komplikasi pada organ-organ tersebut. seperti otak, jantung, dan ginjal.

Tekanan darah tinggi, atau tekanan darah tinggi, merupakan masalah kesehatan utama bagi orang-orang di seluruh dunia, dan meskipun dimulai sebagai kondisi yang sering diabaikan oleh kebanyakan orang yang berpikir mereka tidak akan mengeluh, namun sebenarnya menyebabkan komplikasi pada organ-organ tersebut. seperti otak, jantung, dan ginjal.

BACA JUGA:  5 Tips Fashion Pria yang Simple dan Anti Ribet

Tujuan keseluruhan dari pengobatan hipertensi adalah untuk mengurangi mortalitas dan morbiditas melalui pendekatan terapi non-obat dan farmakologis.

Olahraga baik untuk kesehatan jantung Olah raga seperti olah raga membuat jantung menjadi lebih kuat sehingga tidak perlu bekerja keras untuk memompa darah. Pada kondisi ini, termasuk penderita hipertensi, aliran darah menjadi lebih teratur sehingga membuat tekanan darah lebih terkontrol.

Hipertensi masih menjadi faktor risiko utama penyebab :

Stroke perdarahan
Penyakit jantung coroner
Gagal jantung
Penyakit ginjal kronik, bahkan kematian dini

Pola hidup sehat yang dianjurkan untuk mencegah dan mengontrol hipertensi :

BACA JUGA:  Tropicana Slim Gelar Edukasi dan Pemeriksaan Kesehatan Massal untuk 18.000 Masyarakat Indonesia pada Hari Hipetensi Sedunia 2023

Gizi seimbang dan pembatasan gula,garam dan lemak (Dietary Approaches To Stop Hypertension)
Mempertahankan berat badan dan lingkar pinggang ideal
Gaya hidup aktif/olahraga teratur
Stop rokok
Membatasi konsumsi alkohol (bagi yang minum)

Upaya ini dapat dicapai dengan modifikasi gaya hidup dan pemberian terapi obat rutin ketika sudah diperlukan:

Konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang. Pola makan dengan meningkatkan konsumsi buah, sayur, dan konsumsi rendah lemak
Membatasi konsumsi natrium, yaitu dianjurkan maksimal 1 sendok teh garam atau setara 5 gram garam dapur dalam sehari
Hindari alkohol
Tetap mempertahankan berat badan ideal
Berhenti merokok
Membiasakan untuk beraktivitas fisik teratur, yaitu dengan berolahraga yang bersifat aerobik minimal 30 menit per hari dengan frekuensi 5x dalam seminggu.

BACA JUGA:  Duck Syndrome, Fenomena di Kalangan Mahasiswa

Pengobatan hipertensi adalah pengobatan jangka panjang dan berkelanjutan yang berlangsung seumur hidup. Penggunaan pengobatan alternatif, seperti jamu, telah diberi label sebagai stimulan, preventif, rehabilitatif, dan paliatif. Obat herbal yang memenuhi standar keamanan, khasiat, dan mutu merupakan obat mentah ilmiah yang telah dibuktikan melalui berbagai penelitian untuk membuktikan khasiatnya.

Atikah Nurhaliza dari prodi keperawatan universitas binawan

Pos terkait