Mengenal Asuransi Syariah

Mengenal Asuransi Syariah

DEPOK POS – Begitu banyak dan ragamnya produk keuangan syariah yang berkembang pada saat ini. Dari ragam produk Syariah tersebut terdapat salah satu yang sangat diminati di masyarakat, yakni asuransi syariah.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), asuransi syariah adalah sebuah usaha untuk saling melindungi dan saling tolong menolong di antara para pemegang polis (peserta), yang dilakukan melalui pengumpulan dan pengelolaan dana tabarru yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad (perikatan) yang sesuai dengan prinsip Syariah.

Asuransi Syariah adalah asuransi yang memiliki prinsip sharing of risk, yang mana risiko yang terjadi dari satu orang dibebankan kepada seluruh orang yang terlibat atau menjadi pemegang polis.

BACA JUGA:  Sistem Pendukung untuk Membentuk Keluarga Harmonis

Akad yang digunakan dalam asuransi Syariah sendiri menggunakan akad tolong-menolong antara sesame pemegang polis dan kerjasama pemegang polis dengan perusahaan asuransi Syariah.

Adapun dasar hukum asuransi Syariah yakni dalam firman Allah :

“Hai orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap hari memperhatikan apa yang telah dibuat untuk hari esok (masa depan). Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Hasyr [59]: 18).

BACA JUGA:  Bahaya Cyber Crime dalam Bentuk Link Phising

Banyak sekali manfaat yang didapatkan di asuransi Syariah seperti tolong menolong melalui dana tabarru’, pembagian hasil sesuai akad. Bebas riba, lebih transparan dan diawasi langsung oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS) untuk menjamin transaksi sesuai prinsip Syariah.

Kelebihan asuransi Syariah adalah menggunakan prinsip-prinsip Syariah sehingga terhindar dari praktik muamalat yang menyimpang, sedangkan kekurangannya adalah keuntungan yang kecil karena asuransu Syariah tidak bertujuan komersil.

Meskipun berbasis nilai-nilai beragama, ada baiknya kita lebih selektif dan berhati-hati sebelum menentukan dan memilih produk asuransi Syariah. Hal ini diperlukan untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dan memperkecil adanya peluang kerugian di masa depan.

BACA JUGA:  Tips Atur Dana THR untuk Mudik Hari Raya

Dengan adanya asuransi berbasis Syariah, akan didapatkan rasa tenang dan aman karena perjanjian yang dilakukan sesui dengan prinsip dan nilai keagamaan. Asuransi Syariah hadir sebagai usaha untuk menghadapi risiko-risiko yang bias saja muncul dan terjadi dimasa depan.

Osama Hanum Sabiliyah
Nailul Inayah
Mahasiswa Akuntansi Syariah STEI SEBI

Pos terkait